Tutorial Belajar Microsoft Word 2013

Advertisement
Halaman ini berisi tentang semua artikel tutorial Microsoft Word 2013 yang ada di situs ini. Kami cantumkan semuanya disini agar Anda tidak kesulitan mencari artikel yang Anda butuhkan, sehingga meminimalkan (bahkan tidak perlu lagi) Anda untuk menggunakan fitur pencarian di situs kami.


Pengenalan Word 2013:


Pada saat mendesain Word 2013, Microsoft focus pada meningkatkan pengalaman user dengan menghilangkan atau mengurangi gangguan. Bagian ini dimulai dengan deskripsi singkat mengenai perubahan-perubahan yang ada pada versi baru.

Anda akan mempelajari beerapa kemampuan baru, seperti membuka dokumen Adobe Portable Document Format (PDF), beroperasi di Read Mode, dan menghubungkan dengan akun online.

Berikut ini artikel-artikel yang akan menjelaskan dan mengenalkan langkah-langkah dasar penggunaan Word 2013:

Membuat dan merevisi dokumen:


Pada bagian ini, Anda akan mempelajari bagaimana membuka dokumen Microsoft Word 2013 baru dan mulai memasukkan teks. Anda juga akan mempelajari bagaimana merevisi teks Anda, termasuk memindahkan elemen di sekelilingnya dan mengganti satu kata atau frasa dengan lainnya.

Jika Anda sering menggunakan kata atau frasa tertentu, Word bisa menyimpan kata tersebut sebagai Building Block. Lalu, Anda bisa dengan mudah memasukkannya ketika dibutuhkan.

Berikut ini artkel-artikel yang membahas bagaimana membuat dan merevisi dokumen:

Mengoreksi teks:


Menghindari kesalahan ejaan dan tata bahasa merupakan faktor penting dalam penulisan. Microsoft Word 2013 memiliki beberapa tool untuk membantu Anda mengulas dan merevisi teks Anda, termasuk koreksi secara otomatis atas kesalahan-kesalahan umum yang sering terjadi, kamus ejaan bisa memandu Anda ketika Anda menggunakan kata yang salah, dan pemeriksa tata bahasa yang membantu Anda mengekspresikan pemikiran Anda secara jelas.

Dengan tool-tool bahasa yang ada di Word, Anda bisa menterjemahkan dokumen Anda ke dalam banyak bahasa, atau menterjemahkan dokumen yang Anda terima dari orang lain sehingga Anda bisa membacanya. Di Microsoft Office 2013, untuk pertama kalinya, kamus dan tool-tool pemeriksaan bahasa lainnya tersedia secara gratis di situs Microsoft.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana mengoreksi dan memperbaiki teks:

Memformat teks:


Anda mungkin menggunakan Microsoft Word 2013 untuk menulis laporan, membuat resep memasak, atau menulis surat. Tidak peduli dokumen apa yang sedang Anda buat, tampilan teks Anda juga merupakan hal yang penting untuk dipertimbangkan gayanya.

Pada bagian ini Anda akan mempelajari bagaimana menggunakan Style, yang merupakan koleksi format yang bisa diaplikasikan pada grup. Anda juga akan mengetahui bagaimana mengaplikasikan pemformatan secara langsung pada teks selain menggunakan Style.

Ketika Anda mengubah dokumen yang sudah ada, terutama dokumen yang tidak Anda buat sendiri, Anda harus tahu Style dan pemformatan apa yang digunakan pada setiap teksnya. Word 2013 memiliki tool yang akan memandu Anda mengenali Style dan pemformatan yang digunakan teks pada dokumen.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana memformat teks:

Membangun dokumen:


Meskipun Anda merasa Microsoft Word 2013 sangat berguna dalam membuat surat, memo, dan tugas-tugas lainnya, kekuatan Word yang sesungguhnya akan semakin tampak ketika Anda menggunakannya untuk dokumen yang sangat panjang dan komplek yang diharuskan memiliki kesan untuk pembacanya. Apapun yang Anda tulis, Word telah menyediakan tool-tool yang akan membuat dokumen terlihat menonjol dan berkesan.

Anda mungkin membuat dokumen yang semua halamannya memiliki Header dan Footer yang sama, ukuran halaman yang sama, dan jumlah kolom yang sama. Pada beberapa dokumen, ada yang tidak harus sama sedemikian rupa. Pada bagian ini, Anda akan mempelajari bagaimana Section Break menangani hal tersebut.

Beberapa layout harus diulang pada dokumen yang berbeda, apakah untuk mempertahankan kekonsistenan tampilannya atau untuk memenuhi permintaan perusahaan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Word telah menyediakan template, yang merupakan file yang akan menyimpan Style, warna, dan tool-tool lainnya yang bisa Anda tentukan sendiri. Ketika Anda memerlukan dokumen baru tipe tertentu, template akan menyediakan segala yang Anda butuhkan untuk membuat dokumen yang terlihat konsisten.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana membangun dokumen yang menarik:

Membuat layout dengan tabel dan Text Box:


Pada beberapa dokumen seperti surat dan kontrak, teks dimulai pada sisi kiri margin sampai mencapai sisi kanan margin, lalu dilanjutkan ke baris selanjutnya dan seterusnya. Untuk dokumen lain seperti tagihan/faktur, Anda harus membagi teks menjadi dua atau beberapa kolom, dengan satu set item yang saling terkait berada pada baris yang sama. Jika Anda mencoba melakukannya dengan mengetik spasi diantara kolom, kolom mungkin tidak akan lurus dengan tepat.

Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengatur Tab Stop dimana Anda ingin setiap kolom dimulai, dan tekan tombol [TAB] untuk berpindah dari akhir satu kolom ke awal kolom selanjutnya. Ini bekerja dengan baik ketika setiap item cukup ditampung dalam satu baris. Namun, jika item membutuhkan dua atau lebih baris, atau untuk memposisikan gambar dengan tepat, cara yang direkomendasikan adalah dengan menggunakan tabel. Word 2013 menawarkan banyak tool untuk membuat tabel, mulai dari yang biasa sampai yang rumit.

Ketika Anda menginginkan beberapa teks agar ditampilkan menonjol, Anda bisa memasukkan kotak teks. Word menyediakan galeri desain kotak teks built-in, atau Anda bisa membuat dan memformat sendiri untuk menyesuaikan dengan selera Anda.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana membuat layout menggunakan tabel dan kotak teks:

Mengelola data:


Salah satu kekuatan utama Microsoft Word 2013 adalah kemampuannya untuk membuat sebuah template dokumen seperti surat dan faktur, dimana kontennya akan ditampilkan konsisten dan Anda hanya cukup untuk mengisi pada bagian yang berubah saja. Beberapa bagian variabel bisa dibuat secara otomatis.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana mengelola data pada dokumen:

Memformat laporan dan dokumen resmi:


Laporan, karya ilmiah, dan dokumen formal/resmi lainnya biasanya memiliki permintaan yang unik, seperti harus ada Footnote, Table Of Contents, Index, dan Bibliography. Bahkan pada dokumen yang singkat, Anda mungkin ingin menggunakan Header dan Footer yang berubah dari satu halaman ke halaman lainnya, atau Watermark untuk menandai dokumen sebagai draft yang belum selesai.

Di Microsoft Word 2013, setiap bentuk fitur-fitur tersebut bisa dimasukkan pada dokumen hanya dengan beberapa klik. Table of Contents dan Index bisa dibangun untuk bagian dokumen tertentu. Watermark bisa dibuat dengan teks kustom atau gambar. Bibliography dan Citation otomatis menggunakan format yang telah memenuhi salah satu dari standard yang ada.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana memformat laporan dan dokumen formal:

Bekerja dengan gambar:


Ada beberapa hal yang bisa Anda letakkan di dalam dokumen Microsoft Word 2013 untuk memancing ketertarikan pembaca sebagai ilustrasi. Foto mungkin menampilkan acara keluarga, rumah dijual, atau adegan yang sanggup mengubah suasana hati. Screenshot bisa mendemonstrasikan tampilan aplikasi atau situs menarik. Grafik dan chart memudahkan membaca data secara visual. Atau, Anda bisa memasukkan video online yang berisi instruksi atau acara konser.

Ketika Anda menambahkan gambar ke dalam dokumen, sangatlah penting untuk mempertimbangkan bagaimana gambar tersebut akan diposisikan terhadap teks. Word mendukung beberapa opsi layout yang dengannya Anda bisa mengontrol bagaimana teks akan ditampilkan bersama dengan gambar. Anda juga memiliki banyak tool untuk mengubah gambar Anda, apakah untuk memperbaiki gambar atau menambahkan tekstur yang menarik atau memberikan efek warna.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana bekerja menggunakan gambar di dalam dokumen:

Shape, Chart, SmartArt, dan WordArt:


Microsoft Word 2013 telah menyediakan berbagai macam tool untuk membuat karya seni baru. Galeri Shapes menyertakan bentuk garis dan geometri dasar sebagaimana juga tanda-panah, simbol flowchart, dan lainnya. Anda bisa mengunakan tool Chart untuk menyajikan data numerik dan serangkaian waktu dalam berbagai variasi. Dengan fitur SmartArt, Anda bisa membuat bagan organisasi, diagram proses, dan berbagai jenis daftar lainnya. Fitur WordArt membantu Anda untuk mengubah teks menjadi karya seni baru dengan menambahkan warna, bayangan, efek tiga dimensi, dan format lainnya.

Ketika Anda memilih objek (Shape, Chart, SmartArt, atau WordArt) pada dokumen Anda, Ribbon akan menampilkan tab kontekstual yang menyajikan tool spesifik untuk bekerja dengan tipe objek tersebut. Setiap tipe objek juga disertai dengan satu atau beberapa tombol pada sisi kanannya, yang bisa Anda klik untuk membuka panel yang berisi kontrol pemformatan.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana menggunakan Shape, Chart, SmartArt, dan WordArt:

Email, amplop, dan kartu nama:


Salah satu penggunaan yang paling umum dari Microsoft Word 2013 adalah untuk membuat dokumen yang dikirim ke orang lain. Dokumen mungkin dicetak pada kertas dan dikirimkan menggunakan amplop, atau mungkin disertakan dalam pesan email sebagai lampiran.

Fitur Mail Merge di Word 2013 memiliki banyak kegunaan lebih dari sekedar mengirim surat. Label nama untuk meeting, sertifikat untuk kursus, katalog barang, atau undangan pernikahan semua itu bisa dibuat dengan menggunakan Mail Merge.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana bekerja dengan email, amplop, dan kartu nama:

Melakukan review dokumen:


Fitur Comments dan Track Changes yang disediakan oleh microsoft Word 2013 sangatlah ideal untuk beberapa kali ulasan, dan Simple Markup View memudahkan membaca dokumen yang telah direvisi.

Pada skenario lain, mungkin dokumen Anda beredar dalam beberapa salinan untuk dilakukan review oleh orang yang berbeda pula. Fitur Compare dan Combine bisa menggabungkan banyak versi dokumen Anda tersebut menjadi satu dokumen sehingga Anda bisa melihat semua perubahan dalam satu waktu.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana melakukan review dokumen:

Sharing dan coauthor:


Cara yang semakin berkembang dalam bekerja di dokumen Microsoft Word adalah berkolaborasi atau bekerja dengan rekan penulis. Tidak seperti program versi lama, Word 2013 memungkinkan banyak user untuk membuka file dokumen yang sama dan mengedit pada waktu yang sama pula. Anda dan rekan Anda bisa saling melihat perubahan yang dilakukan, membuat dan membalas komentar, dan mendiskusikan apa yang Anda lakukan secara real time.

Sebagai pendamping Word 2013 versi desktop, Microsoft Word Web App berjalan di web browser. Dengan Word Web App, Anda bisa membaca dan mengedit dokumen dari komputer manapun bahkan tidak membutuhkan persyaratan harus terinstalnya Microsoft Office pada komputer. Ketika Anda sedang bepergian dengan laptop, atau menggunakan jaringan publik, Anda bisa melihat dokumen Anda dan berpartisipasi pada sesi kolaborasi dengan rekan penulis Anda.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana melakukan sharing dan bagaimana bekerja dengan rekan penulis:

Privasi dan sekuriti:


Microsoft Office 2013 menyertakan banyak langkah-langkah yang dimaksudkan untuk melindungi komputer dan data Anda dari virus dan serangan berbahaya lainnya. Itu juga membantu Anda melindungi informasi pribadi dan rahasia Anda. Kebanyakan perlindungan ini beroperasi secara diam-diam, dan pengaturan defaultnya selalu tepat dan yang terbaik, msekipun Anda masih bisa mengaturnya sendiri.

Ada banyak cara untuk menyembunykan informasi pribadi yang ada pada dokumen Microsoft Word, karena adanya resiko bahwa orang lain melihatnya tanpa sepengetahuan Anda. Sebuah perlindungan penting adalah Document Inspector. Inspector akan menginformasikan kepada Anda apakah dokumen berisi informasi rahasia atau pribadi, dan Anda bisa memilih untuk menghapus setiap informasi sensitif yang ditemukannya.

Anda bisa mengontrol apakah user lain bisa mengedit dokumen. Anda juga bisa mengatur user lain untuk bisa mengedit bagian tertentu dari dokumen saja. Pada bagian ini, Anda akan mempelajari tentang beberapa cara untuk membatasi pengeditan, melindungi dokumen dari perubahan yang tidak diinginkan, dan menandai dokumen sebagai dokumen final.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana menggunakan fitur keamanan dan privasi di Word 2013:

Apps For Office:


Microsoft Office 2013 menyertakan fitur baru yang disebut Apps For Office And SharePoint. Apps For Office adalah program web-based yang ditampilkan di dalam jendela aplikasi Office dan berinteraksi dengan dokumen Anda. Biasanya, sebuah aplikasi mengenali teks yang Anda pilih pada dokumen dan menampilkan informasi tentangnya, yang kemudian bisa Anda masukkan ke dalam dokumen atau Anda bisa menggunakannya dengan cara yang lain (misalnya disalin ke Clipboard untuk kemudian di Paste ke program lain).

Contoh dari Apps For Office adalah kamus dan referensi kerja, kalkulator, template dan form, konverter format file, dan berita. Apps For Office hanya tersedia secara online dari Microsoft Office Store. Kebanyakan dari aplikasi tersebut bisa diinstal dan digunakan secara gratis, meskipun ada juga produk yang berbayar. Selalu ada Apps For Office yang baru yang ditambahkan ke Office Store.

Karena aplikasi disimpan pada server (Cloud), maka aplikasi tersebut akan selalu tersedia untuk Anda selama Anda Log On ke akun Microsoft Anda.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana menginstal dan menggunakan Apps For Office:

Memodifikasi Word:


Anda bisa mengubah hampir semua bagian dari Microsoft Word 2013 untuk menyesuaikan dengan preferensi Anda, tidak peduli bagaimana cara kerja Anda. Tab, grup, dan tool-tool yang ada pada Ribbon; tombol yang ada pada Quick Access Toolbar; dan lokasi default file dokumen, semuanya bisa diubah-sesuaikan.

Kotak dialog Word options juga berisi pengaturan yang akan mengubah bagaimana Word 2013 menampilkan, mencetak, menyimpan, dan mengedit dokumen. Anda bisa mengontrol bagaimana ejaan dan tata bahasa Anda akan diperiksa, dan Anda bisa melindungi dokumen Anda dari kemungkinan kehilangan data.

Style merupakan pusat dari bagaimana dokumen Word akan di format, dan tipe dokumen yang berbeda akan membutuhkan grup Style yang berbeda pula. Dengan mempelajari bagaimana menggunakan kotak dialog Manage Styles, Anda bisa mengontrol Style mana saja yang ditampilkan pada Styles Pane dan galeri Quick Style yang ada pada tab Home. Anda juga bisa menentukan bagaimana susunannya.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana mengubah Word untuk menyesuaikan dengan pekerjaan Anda:
Advertisement