Cara Mengubah Ukuran Gambar Di Word 2013

Advertisement
Ketika Anda memasukkan gambar ke dalam dokumen, awalnya mungkin terlalu besar atau terlalu kecil. Di Word 2013, Anda bisa mengatur ukuran gambar untuk menyesuaikannya dengan halaman atau teks.

Ketika Anda memilih sebuah gambar di dalam dokumen, delapan kotak-putih-kecil yang disebut dengan Sizing Handles akan ditampilkan pada tiap pojok gambar dan tengah-tengah tiap sisinya. Anda bisa drag/tarik tiap Sizing Handles ini untuk mengubah ukuran gambar.

Cara mengubah ukuran gambar dengan drag/tarik Sizing Handles:

  1. Klik sebuah gambar pada dokumen untuk memilihnya.
  2. Drag tiap Sizing Handles dan amati efeknya pada ukuran gambar.

Cara mengatur ukuran gambar secara numerik pada Ribbon:

  1. Klik pada gambar di dalam dokumen untuk memilihnya.
  2. Pada tab kontekstual Picture Tools | Format, di grup Size, ketikkan ukuran yang Anda inginkan pada kotak Shape Height atau Shape Width.
Tips & Trik:
  • Anda akan melihat icon tanda-panah-melingkar pada salah satu Sizing Handles. Itu adalah pegangan untuk memutar gambar. Drag/tarik searah atau berlawanan jarum-jam untuk memutar gambar.
  • Untuk mengubah ukuran gambar berdasarkan prosentasi dari ukuran gambar aslinya, pada tab kontekstual Picture Tools | Format, di grup Size, klik icon tanda-panah-kecil yang ada di pojok-kanan-bawah untuk membuka kotak dialog. Pada halaman Size di kotak dialog Layout, ketikkan nilai prosentasi pada kotak Height dan Width, lalu klik OK.

Artikel terkait:
Advertisement