Cara Menampilkan, Menyembunyikan Dan Mengupdate Field Di Word 2013

Advertisement
Biasanya, Word 2013 hanya menampilkan hasil field. Jika Anda ingin menampilkan kode field untuk mengeditnya atau hanya ingin mencari tahu, Anda bisa menggunakan [ALT + F9] untuk menampilkan semua kode field atau menggunakan menu Toggle Field Codes untuk melihat kode field hanya pada teks yang dipilih.

Cara menampilkan dan menyembunyikan kode field:

  1. Buka dokumen yang berisi beberapa field.
  2. Tekan tombol keyboard [ALT + F9] untuk menampilkan semua kode field.
  3. Tekan tombol keyboard [ALT + F9] sekali lagi untuk menampilkan ulang hasil field.
  4. Pilih field tunggal atau bagian dari dokumen yang berisi beberapa field.
  5. Klik-kanan pada seleksi tersebut, lalu klik Toggle Field Codes pada menu yang ditampilkan untuk menampilkan kode field hanya pada teks yang dipilih.

Cara mengupdate field:

  1. Klik pada dokumen. Pada tab Insert, di grup Text, klik Date & Time, lalu pilih format waktu yang menyertakan detik. Pilih check box Update Automatically dan klik OK.
  2. Untuk melihat perubahan field, klik-kanan pada field, lalu klik Update Field pada menu yang ditampilkan.
  3. Pada dokumen yang berisi beberapa field, pilih keseluruhan teks dengan menggunakan tombol keyboard [CTRL + A]. Klik-kanan pada seleksi tersebut, lalu klik Update Field pada menu yang ditampilkan untuk mengupdate semua field sekaligus.
  4. Pada dokumen yang juga memiliki field pada Header, Footer atau pada Text Box, klik tab File untuk menampilkan Backstage View, lalu klik tab Print untuk menampilkan halaman Print dan Print Preview, yang akan memaksa semua field untuk mengupdate. Klik icon tanda-panah-melingkar atau tekan [ESC] untuk kembali ke dokumen.
Tips & Trik:
Anda bisa menentukan kapan Word menampilkan bayangan/Shading pada hasil field. Klik tab File, klik Options, klik Advanced, lalu Scroll/gulung ke bagian yang diberi label Show Document Content. Ubah opsi Field Shading menjadi Always, Never, atau When Selected.

Artikel terkait:
Advertisement