Cara Menambahkan Digital Signature Di Word 2013

Advertisement
Ketika sebuah dokumen ditandatangani dengan Digital Signature (tandatangan digital), Anda bisa meyakinkan bahwa konten dokumen tersebut belum berubah setelah ditandatangani. Setiap editing atau perubahan yang dilakukan pada dokumen akan menyebabkan Digital Signature dihapus atau ditandai sebagai tidak valid.

Untuk menambahkan Digital Signature, pertama Anda harus memiliki sertifikat (Signing Certificate). Anda bisa mendapatkan sertifikat ini dari perusahaan otoritas sertifikat seperti VeriSign, Inc., atau mungkin perusahaan Anda memiliki server sertifikat lokal yang bisa digunakan.

Cara menambahkan Digital Signature ke dalam dokumen:

  1. Klik File untuk menampilkan tab Info di Backstage View.
  2. Klik Protect Document, lalu klik Add Digital Signature pada menu yang ditampilkan.
  3. Pada kotak dialog Sign, klik kotak Commitment Type, lalu pilih salah satu.
  4. Jika diperlukan, ketikkan deskripsi pada kotak teks Purpose For Signing This Document.
  5. Jika diperlukan, klik tombol Details dan masukkan informasi tentang Anda sebagai penandatangan.
  6. Jika nama pada bagian Signing As bukan nama sertifikat yang ingin Anda gunakan, klik tombol Change dan pilih sertifikat lainnya.
  7. Klik tombol Sign.
Tips & Trik:
  • Office 2013 menyertakan program SelfCert.exe yang bisa membuat sertifikat untuk menandatangani proyek Macro Anda. Karena sertifikat ini tidak dikeluarkan oleh perusahaan otoritas sertifikat dan tidak bisa membuktikan identitas Anda, sertifikat ini tidak bisa digunakan untuk menandatangani dokumen.
  • Digital Signature yang ditambahkan dengan menggunakan langkah-langkah diatas tidak terlihat pada dokumen. Namun, Anda bisa menempatkan tandatangan yang terlihat pada dokumen, yang terkait dengan Digital Signature. Pada tab Insert, di grup Text, klik Signature Line. Ketika garis signature ditampilkan pada dokumen, klik-kanan garis tersebut lalu klik Sign pada menu yang ditampilkan. Pada kotak dialog Sign, ketikkan nama Anda, atau pilih gambar tandatangan Anda. Pada bagian bawah kotak dialog, pilih sertifikat yang digunakan untuk membuat Digital Signature.
  • Ketika Anda menandatangani dokumen, dokumen tersebut secara otomatis menjadi final (Mark As Final).

Artikel terkait:
Advertisement