Cara Mengatur Opsi Ejaan (Spelling) Dan Tata Bahasa (Grammar) Di Word 2013

Advertisement
Halaman Proofing yang ada pada kotak dialog Word Options adalah tempat dimana Anda bisa mengubah perilaku pemeriksa ejaan (Spelling Checker) dan pemeriksa tata bahasa (Grammar Checker). Anda bisa memutuskan apakah Anda ingin Word memperingatkan Anda dengan garis-biru dan merah ketika mendeteksi masalah, atau Anda lebih memilih melakukan pengecekan secara manual. Anda bisa menentukan rule/aturan Grammar Checker mana yang dipakai, dan Anda bisa menambah atau menghapus kamus kustom (Custom Dictionary).

Cara mengubah pemeriksa ejaan (Spelling Checker):

  1. Klik File untuk menampilkan Backstage View, lalu klik tab Options. Pada kotak dialog Word Options, di panel sebelah kiri, klik Proofing.
  2. Pada bagian When Correcting Spelling In Microsoft Office Programs, pilih check box setidaknya empat opsi pertama. Jika Anda memilih check box Suggest From Main Dictionary Only, Spelling Checker tidak akan menggunakan kamus kustom yang telah Anda buat.
  3. Pilih atau kosongkan check box pada bagian When Correcting Spelling And Grammar In Word sesuai preferensi Anda.
  4. Jika Anda ingin memilih rule/aturan mana yang dipakai Grammar Checker untuk dokumen Anda, klik tombol Settings, lalu pilih atau kosongkan check box yang ada pada kotak dialog Grammar Settings.
  5. Klik OK.

Cara menambahkan kamus kustom (Custom Dictionary):

  1. Klik File untuk menampilkan Backstage View, lalu klik tab Options. Pada kotak dialog Word Options, di panel sebelah kiri, klik Proofing.
  2. Pada bagian When Correcting Spelling In Microsoft Office Programs, klik Custom Dictionaries.
  3. Pada kotak dialog Custom Dictionaries, jika Anda ingin membuat kamus kustom yang baru, klik New.
  4. Pada kotak dialog Create Custom Dictionary, masukkan nama untuk file kamus dan klik Save.
  5. Kamus baru awalnya ada di bagian All Languages di kotak dialog Custom Dictionaries. Jika Anda ingin kamus tersebut spesifik untuk satu bahasa, klik nama kamus, lalu pilih bahasa pada kotak daftar Dictionary Language.
  6. Untuk menambah atau menghapus kata di dalam kamus, klik nama kamus, lalu klik Edit Word List.
  7. Jika Anda ingin mengubah kamus mana yang akan dijadikan bahasa default, klik nama kamus dan klik Change Default.
  8. Klik OK.
Tips & Trik:
  • Untuk mengaktifkan check box Show Readability Statistics, Anda harus memilih check box Check Grammar With Spelling.
  • Word akan mengaktifkan check box pada bagian Exception hanya jika Anda memilih opsi As You Type yang sesuai pada bagian When Correcting Spelling And Grammar In Word. Pengaturan yang Anda pilih akan disimpan pada file dokumen, sehingga pengaturan akan tetap dipertahankan ketika Anda membuka kembali dokumen.
  • Bagian All Languages dan masing-masing bahasa memiliki satu kamus yang didesain sebagai kamus defaultnya. Ketika Anda klik-kanan kata yang tidak dikenali di dalam dokumen dan klik Add To Dictionary, kata tersebut akan disimpan pada kamus default yang digunakan untuk memeriksa bahasa kata tersebut.

Artikel terkait:
Advertisement