Cara Menambahkan Kesalahan Ejaan Umum Ke Dalam AutoCorrect Word 2013

Advertisement
Fitur AutoCorrect di Word 2013 secara instan mengganti kesalahan ejaan yang umum terjadi dengan ejaan yang benar. Fitur ini membandingkan tiap kata dengan daftar kesalahan yang telah diketahui. Jika cocok, akan diganti dengan teks pengganti yang benar. Ketika Anda menginstall Office 2013, Anda telah memiliki ribuan daftar entry AutoCorrect. Anda bisa menambahkan koreksi Anda sendiri kedalam daftar tersebut. Secara default, AutoCorrect mencoba untuk mencocokkan ejaan yang salah dengan kata yang ada dalam kamus utama yang digunakan oleh Spelling Checker, dan membuat koreksi jika hanya ada satu sugesti sebagai penggantinya. Anda bisa menonaktifkan fitur ini jika tidak ingin menggunakannya.

Cara menambahkan koreksi ejaan ke dalam AutoCorrect:

  1. Pilih sebuah kata yang salah ejaan.
  2. Klik File untuk mengakses Backstage View, lalu klik Options untuk membuka kotak dialog Word Options.
  3. Klik Proofing, lalu klik AutoCorrect Options.
  4. Kata salah ejaan yang telah Anda pilih secara otomatis muncul dibawah label Replace.
  5. Masukkan kata pengganti yang diinginkan dibawah label With.
  6. Klik Add.
  7. Klik OK.

Cara mengatur opsi AutoCorrect:

  1. Klik File untuk menampilkan Backstage View, lalu klik Options.
  2. Klik Proofing, lalu klik AutoCorrect Options.
  3. Pilih atau kosongkan check box untuk mengatur bagaimana AutoCorrect memperlakukan kesalahan penggunaan huruf besar.
  4. Jika Anda tidak ingin AutoCorrect menggunakan sugesti dari kamus Spelling utama, kosongkan check box ini.
  5. Klik Exceptions jika Anda ingin menentukan situasi yang harus diabaikan oleh AutoCorrect.
  6. Jika Anda ingin mencegah AutoCorrect membuat huruf besar pada sebuah kata singkatan, pada tab First Letter, di kotak dialog AutoCorrect Exceptions, masukkan kata singkatan ke dalam kotak Don't Capitalize, lalu klik Add.
  7. Jika Anda ingin mencegah AutoCorrect mengoreksi kata yang berisi campuran huruf besar dan kecil, pada tab Initial Caps, di kotak dialog AutoCorrect Exceptions, masukkan kata pada kotak teks Don't Correct, lalu klik Add.
Tips & Trik:
  • Substitusi AutoCorrect terjadi pada dokumen ketika Anda mengetikkan spasi atau tanda-baca setelah karakter yang dikenali oleh Word.
  • Jika Anda membiarkan check box Show AutoCorrect Options Buttons dalam keadaan terpilih, Anda bisa menuju ke teks awal yang diganti oleh AutoCorrect. Word menampilkan tombol kecil AutoCorrect Options. Klik tombol tersebut untuk menampilkan opsi untuk mengembalikan penggantian. Alternatifnya, tekan tombol Undo atau tekan [CTRL + Z].
  • Pilih sebuah entry pada kotak dialog AutoCorrect Options, dan klik Delete untuk menghapus entry tersebut dari daftar.
  • Biarkan opsi Automatically Add Words To List dalam keadaan terpilih. Ketika Anda mengedit sebuah dokumen dan klik Undo (atau [CTRL + Z]) untuk menghapus perubahan AutoCorrect yang tidak diinginkan, Word akan menambahkan perubahan yang tidak diinginkan tersebut ke dalam daftar Exceptions.

Artikel terkait:
Advertisement