Cara Memasukkan Field Di Word 2013

Advertisement
Field di Word 2013 adalah sebuah tempat untuk menyimpan nilai yang mungkin berubah-ubah dari satu waktu atau tempat ke lainnya. Contoh umum Field antara lain: nomor halaman, tanggal, nama file, dan total kolom tabel. Beberapa fitur yang lebih rumit, seperti daftar isi (Table Of Content), dibuat dengan field tunggal yang mengumpulkan informasi dari seluruh dokumen Anda.

Ada beberapa cara untuk memasukkan field ke dalam dokumen. Bisa menggunakan beberapa perintah pada Ribbon atau Quick Access Toolbar, seperti tombol Page Number dan galeri pada tombol Table Of Contents, atau membuat field langsung pada lokasi kursor. Cara lain yang lebih lengkap dan bisa menangani banyak tipe field adalah dengan menggunakann kotak dialog Field.

Cara memasukkan Field dengan menggunakan kotak dialog:

  1. Pada tab Insert, di grup Text, klik Quick Parts, lalu klik Field.
  2. Pada kotak dialog Field, jika Anda mengetahui nama field yang akan Anda masukkan, klik pada daftar Field Names. Untuk menampilkan hanya nama field yang terkait dengan tipe informasi yang spesifik, pertama pilih sebuah item pada daftar drop-down Categories.
  3. Beberapa tipe field, ketika dipilih pada daftar Field Names, akan menampilkan daftar atau kotak teks tambahan dibawah Field Properties. Ketikkan atau pilih properti yang ingin Anda gunakan pada field tersebut.
  4. Beberapa tipe field juga menampilkan item dibawah Field Options. Ketikkan atau pilih opsi yang ingin Anda gunakan pada field tersebut.
  5. Secara default, check box Preserve Formatting During Updates dalam keadaan terpilih untuk semua field. Ini akan menempatkan MergeFormat pada kode field.
  6. Klik tombol Field Codes jika Anda ingin melihat dan mungkin mengedit kode field yang akan dihasilkan oleh kotak dialog.
  7. Klik OK.

Artikel terkait:
Advertisement