Cara Mengubah Bullet Dan Numbering Di Word 2013

Advertisement
Bullet yang dimasukkan secara default oleh Word 2013 adalah berupa lingkaran-hitam-solid. Namun, Anda bisa memilih beberapa bentuk Bullet lainnya, menggunakan simbol dari font, atau bahkan menggunakan Clip Art atau gambar. Pada Numbering, Anda bisa memilih numerik Arabic atau Roman, atau huruf-besar dan huruf-kecil. Jika format built-in-nya tidak sesuai dengan kebutuhan Anda, Anda bisa membuat format Anda sendiri.

Cara memilih Bullet dari Library:

  1. Klik paragraf yang akan dijadikan sebagai daftar pertama dalam Bulleted List.
  2. Pada tab Home, di grup Paragraph, klik tanda-panah-kebawah pada tombol Bullets.
  3. Jika Anda suka dengan salah satu model Bullet, klik untuk mengaplikasikannya. Jika tidak, lanjutkan ke langkah nomor 4.
  4. Jika Anda ingin menggunakan simbol dari font, Clip Art, atau gambar sebagai Bullet, di bawah galeri klik Define New Bullet.
  5. Pada kotak dialog New Bullet, klik Symbol jika Anda ingin menggunakan simbol dari font.
  6. Pada kotak dialog Symbol, pilih font yang ada di dalam daftar drop-down Font, klik simbol yang Anda inginkan, lalu klik OK.
  7. Untuk menggunakan Clip Art atau gambar dari komputer Anda (atau dari internet), klik Picture.
  8. Jika Anda ingin gambar dari komputer (atau dari akun SkyDrive Anda), klik item yang sesuai pada kotak dialog Insert Pictures.
  9. Navigasikan ke folder yang berisi gambar, klik gambar tersebut, lalu klik Open (jika pada SkyDrive klik Insert).
  10. Jika Anda ingin menggunakan Clip Art atau gambar dari internet, klik Office.com Clip Art atau Bing Image Search, masukkan kata atau frasa kunci, lalu tekan [ENTER] untuk melakukan pencarian.
  11. Klik Clip Art atau gambar yang Anda inginkan, lalu klik Insert.
  12. Klik OK pada kotak dialog Define New Bullet.

Cara memilih Numbering dari Library:

  1. Klik paragraf yang akan dijadikan sebagai daftar pertama dalam Numbered List.
  2. Pada tab Home, di grup Paragraph, klik tanda-panah-kebawah tombol Numbering.
  3. Jika Anda suka dengan format Numbering yang ada dalam galeri, klik untuk mengaplikasikannya. Jika tidak, lanjutkan ke langkah nomor 4.
  4. Klik Define New Number Format.
  5. Pada kotak dialog Define New Number Format, di daftar drop-down Number Style, pilih model penomoran yang Anda inginkan.
  6. Jika Anda ingin mengubah format karakternya, klik tombol Font dan pilih format yang Anda inginkan. Format ini tidak berpengaruh pada teks di dalam dokumen, hanya Numbered List saja.
  7. Jika Anda ingin memasukkan teks statik (teks yang tidak berubah-ubah) sebelum atau sesudah nomor/huruf daftar item, atau jika Anda ingin menggunakan tanda-baca yang berbeda, edit teks yang ada pada kotak Number Format.
  8. Klik OK.
Tips & Trik:
  • Pilihlah gambar yang sederhana karena Word harus mengubah ukuran gambar Anda menjadi lebih kecil untuk menjadikannya sebagai Bullet.
  • Ketika Anda membuat format Bullet atau Numbering baru, Word secara otomatis menambahkannya ke dalam Bullet atau Numbering Library. Jika Anda tidak akan menggunakannya lagi, Anda bisa menghapusnya dari Library dengan cara klik-kanan pada Bullet/Number yang ada pada Library, lalu klik Remove pada menu yang ditampilkan.

Artikel terkait:
Advertisement