Cara Bekerja Dengan Coauthor (Rekan Penulis) Di Word 2013

Advertisement
Ketika Anda membagikan dokumen pada SkyDrive atau server SharePoint dengan pengguna lain, orang-orang tersebut bisa mengedit dokumen dengan menggunakan Word 2010, Word 2013, Word 2013 untuk Mac, atau Word Web App secara bersama-sama. Sesi coauthor bisa lebih interaktif daripada mengedit dan review dokumen dengan cara tradisional yang hanya bisa dilakukan oleh satu orang saja pada satu waktu.

Word akan memberitahu Anda ketika ada orang lain yang mengedit dokumen yang sama. Program akan mengunci paragraf ketika salah satu coauthor sedang mengedit, tapi Anda masih bisa melanjutkan mengedit bagian lain pada dokumen.

Cara melihat rekan penulis (coauthor) lain yang sedang aktif:

  1. Ketika Anda membuka dokumen dan coauthor lain sedang mengedit dokumen yang sama, dan ketika coauthor berhenti melakukan pengeditan, peringatan akan ditampilkan untuk memberitahukan kepada Anda siapa yang sedang bekerja dengan Anda.
  2. Untuk melihat daftar coauthor yang aktif, pada Status Bar, klik indikator Number Of Authors Editing.

Cara melihat perubahan yang dilakukan oleh rekan penulis (coauthor):

  1. Coba lakukan pengeditan file secara normal. Ketika Anda membuat perubahan pada paragraf, garis-putus-putus ditampilkan disebelah paragraf tersebut untuk menampilkan teks yang Anda kunci. Paragraf yang diedit oleh orang lain ditandai dengan garis-solid.
  2. Simpan dokumen lebih sering untuk mengirimkan perubahan ke SkyDrive sehingga coauthor lain bisa melihatnya dan menyinkronkan salinan Anda dengan pengeditan yang dibuat oleh coauthor lainnya. Ketika Anda menyimpan dokumen, setiap paragraf yang Anda edit sudah tidak terkunci. Perubahan yang dibuat oleh coauthor lain akan disorot dengan warna hijau.
Tips & Trik:
  • Di program Word 2013 pada desktop, peringatan ditampilkan pada bagian kiri-bawah jendela, diatas indikator Number Of Authors Editing. Di Word Web App, peringatan ditampilkan pada bagian kanan-atas jendela, dibawah Ribbon.
  • Untuk mencegah coauthor lain mengedit bagian dari dokumen yang sedang Anda kerjakan di Word 2013, pilih teks, lalu pada tab Ribbon, di grup Protect, klik Block Authors. Untuk membukanya kembali, klik lagi Block Authors dan simpan dokumen. Perintah Block Authors tidak tersedia di Word Web App.
  • Coauthor yang menggunakan Word Web App bisa melihat indikator pada Status Bar ketika fitur Track Changes diaktifkan, dan semua perubahan yang mereka lakukan akan dilacak, tapi mereka tidak bisa mengatur Track Changes on/off.

Artikel terkait:
Advertisement