Cara Menyimpan Dokumen Word 2013

Advertisement
Sebelum Anda menyimpan dokumen untuk yang pertama kalinya, dokumen tersebut hanya berada di memory komputer dan memiliki nama file bukan sebenarnya/sementara yang disertai dengan angka. Ketika Anda menyimpan dokumen untuk yang pertama kalinya, Word 2013 akan menampilkan kotak dialog Save As dimana Anda bisa memilih folder dan memberikan nama file yang Anda inginkan.

Jika Anda mengedit dokumen yang sudah ada lalu menyimpannya di folder yang sama dan dengan nama yang sama pula dengan file yang sebelumnya, maka hal itu akan mengganti isi dari file sebelumnya dengan yang baru. Untuk tetap bisa memiliki kedua file (yang lama dan yang baru), Anda bisa memilih salah satu dari cara berikut, yaitu mengganti dengan nama file yang lain/berbeda atau diletakkan di folder yang lain, bisa juga dengan menggabungkan kedua cara tersebut.

Cara menyimpan dokumen untuk yang pertama kalinya:

  1. Klik tombol Save yang ada di Quick Access Toolbar untuk menyimpan dokumen.
  2. Dibawah Places, klik lokasi dimana Anda akan menyimpannya.
  3. Klik folder yang Anda inginkan jika ada di daftar Recent Folders atau klik Browse untuk menempatkan di folder lain.
  4. Ketikkan nama file yang Anda inginkan.
  5. Klik Save untuk proses menyimpan.

Cara menyimpan dokumen yang sudah diubah atau versi terbaru:

  1. Klik File lalu klik Save As, maka kotak dialog Save As akan muncul.
  2. Pilih folder yang berbeda dari Current Folder jika Anda ingin tetap memakai nama file yang sama (jika Anda memilih untuk tetap memiliki dua dokumen, yang lama dan baru) atau pilih Current Folder jika Anda berencana untuk menggunakan nama file yang berbeda. Jika Anda memakai nama file yang sama, maka Anda akan mengganti dokumen yang lama dengan yang baru.
  3. Ubah nama file jika Anda memilih Current Folder (jika Anda ingin memiliki dua file, dokumen lama dan baru). Atau gunakan nama file yang sama jika Anda ingin mengganti dokumen lama Anda dengan yang terbaru (Anda akan memiliki satu file/dokumen saja, yaitu yang terbaru).
  4. Klik Save untuk proses menyimpan.
Tips & Trik:
  • Panjang path file bisa sampai dengan 260 karakter, termasuk drive, folder dan sub folder, nama file dan ekstensi, serta tanda backslash yang digunakan sebagai tanda pemisahnya. Anda tidak bisa menggunakan beberapa karakter untuk dijadikan nama file, seperti: \ / ? : * “ > < |
  • Setelah Anda melakukan proses penyimpanan dokumen untuk yang pertama kalinya, tidak akan ada lagi kotak dialog yang muncul ketika Anda klik Save untuk melakukan proses menyimpan yang selanjutnya. Sesaat mungkin Anda bisa melihat indikator proses menyimpan di status bar.
  • Cara yang baik dan sangat dianjurkan ketika bekerja dengan dokumen adalah selalu menekan tombol [CTRL + S] setiap kali Anda berhenti dari proses mengetik/mengedit, jadi Anda tidak akan kehilangan dokumen yang sudah susah payah Anda kerjakan ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, misalnya listrik padam, komputer trouble atau bencana lainnya.

Artikel terkait:
Advertisement