Cara Menggunakan Dan Memodifikasi Multilevel List Di Word 2013

Advertisement
Tool Bullet dan Numbering pada tab Home sudah cukup untuk membuat daftar sederhana. Tapi, ketika Anda membutuhkan daftar yang lebih komplek dengan beberapa level, Anda bisa menggunakan fitur Multilevel List di Word 2013. Word secara otomatis mengatur penomoran yang sesuai ketika Anda mengaplikasikan style Heading built-in. Jika Anda kurang cukup dengan style built-in-nya Anda bisa membuat sendiri yang sesuai dengan keperluan Anda.

Cara menggunakan Multilevel List:

  1. Pada tab Home, di grup Paragraph, klik tombol Multilevel List.
  2. Pada galeri List Library, klik salah satu preview yang menunjukkan nama style Heading.
  3. Aplikasikan Heading level built-in (Heading 1, Heading 2, dan seterusnya) ke dalam teks Anda.
  4. Jika Anda ingin menaikkan Heading ke level yang lebih tinggi, di grup Paragraph, klik tombol Decrease Indent. Untuk menurunkan Heading klik tombol Increase Indent.
  5. Anda bisa drag/tarik Heading ke lokasi baru. Word akan otomatis melakukan penomoran ulang.

Cara memodifikasi style Multilevel List:

  1. Pada tab Home, di grup Paragraph, klik tombol Multilevel List, lalu pada galeri yang terbuka, klik preview yang mendekati struktur yang Anda inginkan.
  2. Klik tombol Multilevel List lagi. Pada bagian bawah galeri, klik Define New Multilevel List.
  3. Pada kotak dialog Define New Multilevel List, klik tombol More untuk menampilkan opsi yang lebih banyak (jika tombol More sudah di klik, maka akan diganti dengan tombol Less).
  4. Pada daftar Click Level To Modify, klik level yang ingin Anda ubah.
  5. Pada kotak teks Enter Formatting For Number, tambahkan teks atau tanda-baca yang ingin Anda masukkan bersama dengan angka. Hapus item yang tidak diinginkan.
  6. Jika Anda ingin menggunakan format karakter yang berbeda, klik tombol Font dan atur opsi yang disediakan. Format ini tidak berpengaruh pada teks di dalam dokmen Anda (hanya mengubah format Multilevel List saja).
  7. Pada daftar drop-down Number Style For This Level, pilih format penomoran (berupa angka, huruf, atau lainnya).
  8. Pilih apakah perubahan tersebut diaplikasikan pada keseluruhan list atau hanya sebagiannya saja. Jika style Heading yang dimasukkan ke dalam level list tidak benar, pilih style yang diinginkan.
  9. Klik OK.

Artikel terkait:
Advertisement