Cara Menggunakan Dan Mengubah Theme Dan Style Set Word 2013

Advertisement
Theme adalah koleksi warna, font, dan efek. Dengan memilih satu Theme built-in pada galeri Theme di tab Design, berarti Anda mengaplikasikan seluruh koleksi (yang telah ditetapkan) tersebut pada dokumen. Dengan menggunakan fitur ini, Anda bisa mengubah tampilan seluruh dokumen dengan cepat.

Theme Colors adalah kumpulan 12 warna yang digunakan untuk teks, background, Chart, Shape, dan Hyperlink. Dimanapun Anda melihat galeri warna (seperti font, background, dan lainnya), pada bagian yang diberi label Theme Colors adalah berdasarkan pada warna Theme ini.

Theme Fonts merupakan koleksi dua font. Satu digunakan oleh style pada dokumen utama, dan lainnya digunakan oleh style Heading. Dua Theme Font bisa berbeda.

Theme Effects merupakan koleksi Shape, Chart, dan SmartArt dengan penambahan Shadow, Gradient, Outline, dan bayangan 3-D.

Style Set adalah koleksi dari definisi style. Tiap Style Set bisa memiliki style yang berbeda-beda didalamnya. Anda bisa memilihnya dengan sekali klik pada galeri Style Set di tab Design.

Cara memilih Theme built-in:

  1. Pada tab Design, di grup Document Formatting, klik Themes.
  2. Arahkan ke gambar thumbnail di galeri Themes dan lihat live preview-nya pada dokumen. Klik pada thumbnail untuk mengaplikasikannya.

Cara mengubah Theme Fonts, Colors, dan Effects:

  1. Buka atau buat sebuah dokumen yang disertai dengan Heading, teks, dan gambar.
  2. Pada tab Design, di grup Document Formatting, klik Themes, lalu klik gambar thumbnail Theme yang ingin Anda ubah.
  3. Pada tab Design, di grup Document Formatting, klik Colors, lalu pada galeri yang ditampilkan arahkan kursor ke contoh warna dan lihat live preview-nya pada dokumen. Klik contoh warna untuk mengubah Theme Color, dan lanjutkan ke langkah nomor 7. Jika tidak, maka lanjutkan ke langkah nomor 4.
  4. Jika Anda tidak menemukan warna yang Anda inginkan, klik Customize Colors pada bagian bawah galeri.
  5. Pada kotak dialog Create New Theme Colors, klik tiap tombol Theme Color yang ingin Anda ubah dan pilih warnanya dari galeri.
  6. Masukkan nama untuk Theme Color, lalu klik Save.
  7. Pada tab Design, di grup Document Formatting, klik Fonts dan arahkan ke contoh font di galeri sambil melihat live preview-nya pada dokumen. Klik contoh font untuk mengubah Theme Font dan lanjutkan ke langkah nomor 10. Jika tidak, lanjutkan ke langkah nomor 8.
  8. Jika Anda tidak menemukan font yang Anda inginkan, klik Customize Fonts pada bagian bawah galeri.
  9. Pada kotak dialog Create New Theme Fonts, pilih Heading Font dan Body Font yang Anda inginkan dari daftar drop-down. Masukkan nama untuk Theme Fonts, lalu klik Save.
  10. Pada tab Design, di grup Document Formatting, klik Effects dan arahkan ke contoh gambar pada galeri dan lihat live preview-nya pada dokumen. Klik salah satu contoh untuk mengubah Theme Effects.
  11. Pada tab Design, di grup Document Formatting, klik Themes, lalu klik Save Current Theme pada bagian bawah galeri. Masukkan nama Theme baru, dan klik Save.

Cara mengaplikasikan Style Set:

  1. Pada tab Design, di galeri grup Document Formatting, arahkan ke gambar thumbnail dan lihat live preview-nya pada dokumen. Klik pada thumbnail untuk mengaplikasikan Style Set. Jika tidak, lanjutkan ke langkah nomor 2.
  2. Jika Anda ingin mengubah beberapa style pada Style Set, ubah definisi style tersebut pada dokumen. Untuk tiap style yang ingin Anda ubah, klik-kanan nama style di Styles Pane, lalu klik Modify. Buat perubahan yang Anda inginkan pada kotak dialog Modify Style.
  3. Pada tab Design, buka galeri Style Set, lalu klik Save As A New Style Set.
  4. Pada kotak dialog Save As A New Style Set, masukkan nama Style Set baru, lalu klik Save.
Tips & Trik:
  • Jika Anda membuat dokumen sebagai bagian dari pekerjaan Anda, jangan mengubah Theme atau Style Set sebelum Anda tahu apakah itu diizinkan oleh perusahaan. Karena perusahaan biasanya telah menentukan style dan warna tertentu untuk menyesuaikan semua dokumennya.
  • Galeri Style Set pada tab Design dan galeri Styles pada tab Home selalu berubah untuk menyesuaikan dengan Theme yang Anda pilih.
  • Jika Anda mengaplikasikan font dan warna dokumen dengan menggunakan pemformatan secara langsung, atau jika Anda mengaplikasikan style yang menggunakan font tertentu untuk Heading atau Body, maka bagian dokumen Anda tersebut tidak akan berubah meskipun Anda mengganti Theme.

Artikel terkait:
Advertisement