Cara Membandingkan Dokumen Asli Dengan Versi Review Di Word 2013

Advertisement
Jika Anda menerima salinan dokumen yang telah di review tapi orang yang melakukan review tidak mengaktifkan fitur Track Changes, Word 2013 bisa menandai perubahan yang ada pada dokumen untuk Anda. Yang Anda butuhkan dokumen asli, dokumen yang di review, dan fitur Compare.

Cara mengatur perbandingan dokumen:

  1. Pada tab Review, di grup Compare, klik Compare dan pilih Compare pada galeri. Kotak dialog Compare Documents akan terbuka.
  2. Tentukan dokumen asli pada Original Document dengan cara klik tanda-panah-kebawah. Tentukan juga dokumen yang telah direvisi pada Revised Document.
  3. Jika kedua versi dokumen berisi markup dari orang yang sama yang melakukan review, Anda bisa menyimpannya secara terpisah dengan memasukkan nama atau teks lain pada kotak teks Label Changes With.
  4. Jika kotak dialog tidak membuka penuh, klik More.
  5. Biarkan check box dalam keadaan terpilih pada bagian pengaturan Comparison hanya untuk tipe perubahan yang ingin Anda tandai pada hasil perbandingan.
  6. Pilih apakah perbandingan akan ditampilkan per-karakter (Character Level) atau per-kata (Word Level). Juga pilih dimana perubahan akan ditampilkan pada opsi Show Changes In.
  7. Klik OK.

Cara melihat hasil dokumen yang dibandingkan:

  1. Amati dokumen yang dibandingkan (yang berisi Track Changes) pada panel yang besar. Dua dokumen sumber ada pada panel yang lebih kecil.
  2. Pada tab Review, di grup Tracking, klik Reviewing Pane untuk menampilkan atau menyembunyikan panel.
  3. Simpan dokumen yang dibandingkan yang perubahannya ditandai sebagai file terpisah.
  4. Scroll/gulung disepanjang dokumen yang dibandingkan, setujui atau tolak perubahan yang ada pada dokumen. Ketika Anda melakukan scroll/menggulung dokumen yang dibandingkan, dokumen sumber juga akan bergerak ke posisi yang sama sehingga Anda bisa melihat dimana letak perubahan pada dokumen.
Tips & Trik:
Untuk menyembunyikan satu atau kedua dokumen sumber, klik Compare, arahkan ke Show Source Documents, lalu pilih dokumen sumber mana yang ingin Anda lihat.

Artikel terkait:
Advertisement