Cara Membuat Dokumen Baru Di Word 2013

Advertisement
Ketika Anda membuka aplikasi Word 2013 dari shortcut program, maka akan membuka dokumen kosong baru. Dokumen tersebut berasal dari template khusus yang dinamakan Normal.dotm. Template adalah sebuah dokumen kosong yang telah dibuat memiliki banyak style dan format bawaan, seperti ukuran halaman, huruf, ukuran teks, warna, dan masih banyak lagi. Ketika Anda memulai membuat dokumen dengan menggunakan template, yang Anda lakukan selanjutnya hanyalah memasukkan teks ke dalam dokumen, tanpa perlu disibukkan dengan berbagai pengaturan format teks dan yang lainnya.

Ketika sebuah dokumen menggunakan template, maka dokumen tersebut akan memakai style yang dibawa oleh template tersebut. Perubahan yang Anda lakukan pada dokumen tidak akan mengubah apapun di template, kecuali anda melakukan langkah khusus untuk membuatnya berubah.

Cara memasukkan teks ke dokumen kosong baru:

  1. Jalankan Word dari shortcut aplikasi atau dari shortcut dokumen.
  2. Jika Anda membuka sebuah dokumen, buatlah dokumen kosong baru dengan cara klik File untuk membuka Backstage View, lalu pilih New dan klik Blank Document.
  3. Di tab Home, pada grup Paragraph, klik Show/Hide (¶). Ini akan membuat karakter atau simbol yang tidak bisa dicetak seperti spasi, tanda paragraf, dan tab muncul di dokumen Anda. Jika Anda tidak membutuhkan simbol ini, klik lagi untuk menghilangkannya.
  4. Coba ketikkan beberapa teks. Tekan [ENTER] hanya di akhir paragraf saja, bukan di akhir baris. Word sudah secara otomatis memindahkan teks ke baris berikutnya.

Cara membuat dokumen baru dengan menggunakan template:

  1. Klik File untuk menampilkan Backstage View lalu klik New. Halaman ini menampilkan beberapa template yang disimpan di komputer Anda, dan juga template yang bisa diakses secara online dari Office.com.
  2. Jelajahi template dan klik satu yang Anda inginkan, misalnya Invoice atau Student Report. Jika tidak ada template yang cocok untuk dokumen yang akan Anda kerjakan, masukkan kata atau frase pada kotak Search Online Templates dan tekan [ENTER] untuk melakukan pencarian template secara online.
  3. Ketika template preview ditampilkan, klik Create.
Tips & Trik:
Untuk mendapatkan contoh teks secara instan tanpa perlu Anda mengetikkan, tekan [ENTER] untuk memulai paragraf baru, lalu ketikkan =rand() atau =lorem() dan tekan [ENTER].

Artikel terkait:
Advertisement