Cara Mengubah Orientasi Halaman (Portrait Atau Landscape) Di Word 2013

Advertisement
Meskipun kebanyakan dokumen menggunakan orientasi Portrait, pada halaman yang memiliki tabel dan grafik terkadang membutuhkan orientasi Landscape. Pada dokumen yang berisi halaman Portrait dan Landscape, Anda juga bisa memasukkan Header pada tempat yang sama (meskipun Word tidak memiliki cara otomatis untuk melakukannya).

Cara memilih orientasi halaman:

  1. Jika Anda ingin mengatur orientasi pada sebagian halaman dokumen saja (orientasi yang berbeda dengan keseluruhan halaman), masukkan Section Break sebelum dan sesudah halaman yang ingin Anda ubah.
  2. Klik di dalam Section yang ingin Anda ubah.
  3. Pada tab Page Layout, di grup Page Setup, klik Orientation, lalu klik Portrait atau Landscape pada daftar drop-down yang ditampilkan.

Cara membuat Header Portrait pada halaman Landscape:

  1. Klik-dua-kali pada area Header dari Section yang berisi halaman Landscape.
  2. Pada tab kontekstual: Header & Footer Tools | Design, jika tombol Link To Previous di grup Navigation aktif, klik untuk menonaktifkannya.
  3. Klik Header pada halaman Portrait yang mengikuti halaman Landscape, lalu klik Link To Previous untuk menonaktifkannya.
  4. Pada Header Section Landscape, pilih teks Header, lalu pada tab Home, di grup Clipboard, klik Cut (atau tekan tombol keyboard [CTRL + X]).
  5. Ketika kursor masih ada di area Header Section Landscape, pada tab Insert, di grup Text, klik Text Box, lalu klik Draw Text Box yang ada pada bagian bawah galeri yang terbuka.
  6. Drag/tarik kursor pada Margin dari halaman Landscape untuk membuat kotak teks yang lokasinya sesuai dengan teks Header pada halaman Portrait.
  7. Dengan kursor berada di dalam kotak teks, pada tab Home, di grup Clipboard, klik Paste (tekan tombol keyboard [CTRL + V]).
  8. Pada tab kontekstual: Drawing Tools | Format, di grup Text, klik Text Direction, lalu klik opsi rotasi untuk menyesuaikan posisi konten dari kotak teks.
  9. Pada tab kontekstual: Drawing Tools | Format, di grup Shape Styles, klik Shape Outline dan klik No Outline untuk menghilangkan Border/garis dari kotak teks.
  10. Pada tab kontekstual: Header & Footer Tools | Design, klik Close Header And Footer untuk kembali ke teks utama.
Tips & Trik:
Ketika Anda mencetak dokumen pada kedua sisi kertas (bolak-balik) dan dokumen tersebut berisi halaman Portrait dan Landscape, secara otomatis Word selalu memutar halaman Landscape ke kanan (searah jarum jam). Anda bisa memutar halaman Landscape ke kiri (berlawanan dengan jarum jam) dengan menggunakan pengaturan yang ada pada kotak dialog Printer Properties, tergantung dengan driver printer Anda. Atau cara lainnya, Anda bisa mencetak halaman Landscape secara terpisah dengan menggunakan pengaturan Manual Duplex pada tab Print yang ada pada Backstage View.

Artikel terkait:
Advertisement