Cara Membuat Banyak Index Dokumen Yang Berbeda (Multiple Index) Di Word 2013

Advertisement
Kode field dari field Index bisa menggunakan switch untuk membuat tipe Index yang berbeda, Dua dari switch ini sangatlah berguna dalam keadaan tertentu.

Untuk skenario pertama, Anda mungkin ingin memisahkan dokumen menjadi bab-bab atau bagian-bagian lain, dan menyertakan tiap bab kedalam Bookmark. Lalu, Anda bisa memasukkan field Index dan mengedit kode field tersebut dengan memasukkan switch \b dan nama Bookmark yang telah dibuat di dalam bagian dokumen tertentu. Index tersebut hanya akan berisi entry dari bagian dokumen tertentu saja.

Dalam skenario lainnya, Anda mungkin ingin membuat Index hanya untuk nama orang yang disebutkan di dalam dokumen, dan Index lainnya untuk jenis entry lainnya. Untuk melakukan hal ini, edit kode field tiap field XE untuk menyertakan switch \f yang diikuti oleh satu-huruf identifier. Lalu, masukkan switch yang sama \f dan identifier kedalam field Index yang sesuai.

Cara membuat Index untuk sebagian dokumen:

  1. Pilih bagian dokumen yang ingin Anda buat Index-nya.
  2. Pada tab Insert, di grup Links, klik Bookmark.
  3. Pada kotak dialog Bookmark, di kotak daftar Bookmark Name, ketikkan nama untuk Bookmark tersebut. Anda hanya bisa menggunakan huruf, angka, dan underscore, tanpa spasi.
  4. Klik tombol Add.
  5. Klik pada dokumen lokasi dimana Index akan dibuat.
  6. Pada tab References, di grup Index, klik Insert Index.
  7. Pilih opsi untuk membuat tampilan yang Anda inginkan untuk Index (Anda bisa membaca tutorialnya disini: Membuat Index Dokumen, tepatnya pada bagian: Cara membuat Index).
  8. Jika ada pesan pop-up muncul yang menanyakan: Do You Want To Replace The Selected Index?, klik No.
  9. Klik-kanan pada Index. Klik Toggle Field Codes pada menu yang ditampilkan.
  10. Edit kode field untuk menambahkan switch \b diikuti dengan nama Bookmark yang mengelilingi bagian dokumen. Misalnya, jika nama Bookmark adalah Appendix_A, maka kode field Index menjadi { INDEX \h "A" \c "2" \b Appendix_A }.
  11. Pada tab References, di grup Index, klik Update Index.

Cara membuat Index untuk berbagai jenis entry:

  1. Pada tab Home, di grup Paragraph, klik Show/Hide ¶ untuk menampilkan field XE yang disembunyikan.
  2. Edit tiap field XE untuk menambahkan switch \f dan satu-huruf identifier untuk tipe entry. Misalnya, Anda memasukkan \f n untuk entry nama, dan \f o untuk topik lainnya. Huruf yang Anda gunakan sebagai identifier bisa sembarang. Satu-satunya yang dibutuhkan adalah bahwa tiap entry yang memiliki tipe yang sama harus memakai huruf yang sama. Huruf besar atau kecil untuk identifier akan diperlakukan sebagai tipe entry yang sama.
  3. Klik pada dokumen lokasi dimana Index akan dibuat.
  4. Pada tab References, di grup Index, klik Insert Index.
  5. Pada kotak dialog Index, pilih opsi untuk membuat tampilan Index sesuai keinginan Anda (Anda bisa membaca tutorialnya disini: Membuat Index Dokumen, tepatnya pada bagian: Cara membuat Index).
  6. Jika ada pesan pop-up muncul yang menanyakan: Do You Want To Replace The Selected Index?, klik No.
  7. Klik-kanan pada Index. Klik Toggle Field Codes pada menu yang ditampilkan.
  8. Edit kode field untuk menambahkan switch \f diikuti dengan identifier yang Anda gunakan untuk tipe entry tersebut pada langkah nomor 2. Misalnya, jika identifier untuk nama adalan n, maka kode field Index menjadi { INDEX \h "A" \c "2" \f n }.
  9. Pada tab References, di grup Index, klik Update Index.

Artikel terkait:
Advertisement