Cara Mengatur Posisi Gambar Pada Halaman Word 2013

Advertisement
Ketika Anda memasukkan sebuah gambar atau objek grafis kedalam dokumen Word 2013, Anda bisa mengatur teks yang ada disekelilingnya.

Dalam banyak kasus, Anda ingin gambar dianggap sebagai karakter tunggal yang besar, atau berada didalam baris teks itu sendiri. Posisi gambar pada halaman ditentukan oleh berapa banyak teks yang ada di sekitar lokasi gambar. Jika Anda memasukkan atau menghapus teks, lokasi gambar mungkin berpindah.

Fitur baru di Word 2013 yang disebut Alignment Guides yaitu sebuah garis yang membantu Anda mengatur tata letak gambar sehingga sisinya sejajar dengan Margin, dengan pusat horizontal atau vertikal halaman, atau dengan paragraf atau teks.

Cara mengatur Layout Options:

  1. Pada dokumen Word yang berisi gambar, klik pada gambar untuk memilihnya.
  2. Pada pojok-kanan-atas gambar, klik icon Layout Options.
  3. Pada galeri Layout Options, klik icon yang sesuai dengan layout yang Anda inginkan.
  4. Jika Anda memilih salah satu icon yang ada di bagian With Text Wrapping, klik opsi Move With Text atau Fix Position On Page.

Cara meluruskan gambar dan teks:

  1. Klik pada sebuah gambar untuk memilihnya. Jika sebelumnya gambar menggunakan layout In Line With Text, ganti menjadi salah satu opsi yang ada di bagian With Text Wrapping pada Layout Options.
  2. Drag/tarik gambar ke posisi baru. Amati bahwa garis Alignment Guides warna hijau yang ditampilkan di sisi gambar menyentuh salah satu empat Margin halaman, atau tengah-tengah gambar diluruskan dengan pusat horizontal atau vertkal halaman, atau sisi atas gambar diluruskan dengan baris atas paragraf.
Tips & Trik:
  • Ketika Anda memilih gambar, tab kontekstual Picture Tools | Format akan ditampilkan pada Ribbon. Pada grup Arrange, klik tombol Wrap Text, yang meliputi item yang ada pada galeri Layout Options dan Set As Default Layout. Ketika Anda klik Set As Default Layout, gambar yang akan Anda masukkan nantinya akan memiliki layout yang sama dengan gambar yang ada saat itu.
  • Ketika Anda memilih opsi layout With Text Wrapping, gambar memiliki anchor. Posisi gambar pada halaman bisa diatur sesuai dengan Margin halaman atau lokasi Anchor. Jika mengedit teks menyebabkan Anchor berpindah ke halaman lain, gambar juga akan berpindah ke halaman tersebut. Anda bisa mengatur opsi untuk menampilkan icon Anchor ketika gambar dipilih.
  • Jika opsi layout diatur menjadi Behind Text, akan menjadikan sulit untuk memilih gambar karena ada dibelakang teks. Pada tab Home, di grup Editing, klik Select, lalu klik Select Object untuk mengaktifkan kursor spesial yang akan mengabaikan teks. Cara alternatifnya, klik perintah Selection Pane pada daftar drop-down yang sama. Pada Selection Pane Anda bisa memilih item grafis, termasuk yang saling tumpang-tindih.

Artikel terkait:
Advertisement