Cara Mengembalikan Dokumen Dengan Undo Di Word 2013

Advertisement
Ketika Anda melakukan kesalahan dalam mengedit dokumen, Word 2013 bisa mengembalikan dokumen Anda ke kondisi sebelumnya. Fitur Undo memungkinkan Anda untuk bebas mengedit atau memformat, dan jika Anda tidak suka dengan hasilnya, Anda bisa kembali ke keadaan semula sebelum dilakukan pengeditan dan mencoba tindakan yang lainnya.

Word mengingat tindakan yang Anda lakukan, dan Anda bisa melihatnya pada tombol drop-down Undo. Anda bisa klik pada item yang ada di daftar Undo untuk mengembalikan ke tindakan tersebut.

Cara melakukan Undo pada satu atau lebih tindakan:

  1. Ketikkan beberapa teks pada dokumen Word Anda atau ubah format dari beberapa teks.
  2. Pada Quick Access Toolbar, klik tombol Undo (atau tekan tombol keyboard [CTRL + Z]).
  3. Lakukan beberapa tindakan yang berbeda, seperti menambahkan teks, mengaplikasikan style yang ada di galeri pada tab Home, juga menghapus beberapa teks.
  4. Pada Quick Access Toolbar, klik tanda panah kebawah disebelah tombol Undo.
  5. Pada daftar drop-down yang muncul, klik sebuah item, yang akan menyorot dan mengembalikan tindakan tersebut serta semua item yang ada diatasnya.
Tips & Trik:
  • Jika Anda menyimpan dokumen dan menyadari bahwa dokumen tersebut terdapat kesalahan dalam pengeditan, gunakan semua daftar Undo untuk mengembalikan dokumen ke keadaan aslinya, lalu simpan kembali dokumen tersebut. Jika ternyata Anda sudah menutup dokumen tersebut, maka daftar tindakan yang dilakukan pada Word yang ada pada daftar Undo sudah dihapus, dan Anda tidak bisa mengembalikan dokumen dengan melakukan Undo. Untuk kasus tersebut, Anda membutuhkan backup dari file aslinya.
  • Tombol Redo (juga tersedia di Quick Access Toolbar) akan mengulangi tindakan yang baru-baru dilakukan (kebalikan dari Undo).

Artikel terkait:
Advertisement