Cara Membuat Grafik (Chart) Dan Mengubah Tampilannya Di Word 2013

Advertisement
Salah satu cara paling tepat untuk membuat pembaca Anda memahami data numerik atau yang berhubungan dengan rentang waktu adalah dengan menyertakan grafik (Chart). Visualisasi grafik bisa memperjelas perbedaan kenaikan atau penurunan data daripada jika hanya menggunakan tabel biasa.

Word 2013 telah menyertakan fitur Chart, yang berdasarkan pada kemampuan Microsot Excel 2013, yang dengannya Anda bisa membuat visualisasi yang impresif. Grafik yang ada pada dokumen Anda berkaitan dengan Data Sheet, yang tetap tersembunyi sampai Anda memilih untuk mengedit datanya. Anda bisa memasukkan angka kedalam Data Sheet grafik, atau Anda bisa menyalin data dari tabel Word atau dari Worksheet Excel. Jika Anda bekerja dengan sejumlah besar data, Anda bisa membuat grafik di Excel, lalu kemudian menyalinnya ke dokumen Word.

Fitur grafik yang sama juga disertakan kedalam Microsoft PowerPoint 2013. Anda bisa menyalin grafik dari Word dan menempatkannya ke PowerPoint, atau sebaliknya. Data yang berhubungan dengan grafik dan semua format grafik akan disalin antar program, dan grafik masih tetap bisa diedit.

Cara membuat grafik (Chart):

  1. Klik pada dokumen lokasi dimana Anda ingin memasukkan grafik.
  2. Pada tab Insert, di grup Illustrations, klik Chart.
    Gambar: cara membuat grafik di word.
  3. Pada daftar di sisi kiri kotak dialog Insert Chart, klik jenis grafik yang ingin Anda masukkan. Lalu, pada panel disepanjang bagian atas kotak dialog, klik thumbnail yang menampilkan variasi grafik yang Anda inginkan.
    Gambar: cara membuat grafik di microsoft word.
  4. Pada Data Sheet grafik, ketikkan data numerik, judul kolom dan baris yang ingin Anda masukkan kedalam grafik. Jika Anda sudah memiliki data pada tabel Word atau pada Worksheet Excel, pilih tabel atau bagian dari Worksheet dan salin data ke Clipboard. Lalu, klik di cell kiri-atas (A1) Data Sheet grafik pada dokumen Word, dan tekan [CTRL + V] untuk melakukan Paste konten Clipboard kedalam Data Sheet.
    Gambar: cara membuat diagram di word.

Cara mengubah tampilan grafik (Chart):

  1. Klik pada grafik yang ada pada dokumen Word.
  2. Jika Anda ingin mengubah Text Wrapping grafik, klik tombol Layout Options yang ada disebelah kanan grafik. Lalu, klik opsi yang Anda inginkan pada galeri Layout Options yang ditampilkan.
    Gambar: membuat grafik di word.
  3. Jika Anda ingin menambah atau menghapus item yang ada pada grafik, seperti Title, Legend, atau Gridlines, klik tombol Chart Elements. Lalu, pilih atau kosongkan check box yang ada pada panel Chart Elements sesuai kebutuhan.
    Gambar: cara membuat grafik di ms word.
  4. Jika Anda ingin mengaplikasikan style grafik atau mengubah warna elemen grafik, klik tombol Chart Styles. Lalu, klik style yang Anda inginkan pada galeri Styles And Colors yang ditampilkan.
    Gambar: cara membuat grafik pada microsoft word.
  5. Jika Anda ingin mencegah beberapa data ditampilkan pada grafik tanpa menghapusnya dari Data Sheet, klik tombol Chart Filters lalu pilih atau kosongkan check box disebelah item data. Lalu, klik tombol Apply yang ada pada bagian bawah panel.
    Gambar: cara buat grafik di word.
  6. Jika Anda ingin mengubah format bagian tertentu dari grafik, pertama klik bagian tersebut. Pada tab kontekstual Chart Tools | Format, di grup Current Selection, klik Format Selection. Ubah format item sesuai kebutuhan pada panel Format yang ditampilkan.
    Gambar: cara membuat chart di word.
Tips & Trik:
  • Klik tab kontekstual Chart Tools | Design. Pada grup Data, klik tanda-panah-kebawah yang ada pada tombol Edit Data. Lalu, klik Edit Data untuk membuka Data Sheet grafik di Word, atau klik Edit Data In Excel 2013 untuk membuka Worksheet yang berisi data grafik. Ubah data sesuai keperluan, lalu tutup Data Sheet atau Worksheet untuk melihat grafik yang telah direvisi.
  • Tool untuk memformat grafik yang disediakan pada tombol di sisi grafik juga tersedia pada tab Chart Tools. Karena tombol tersebut lebih dekat dengan grafik, lebih mudah menggunakannya daripada yang ada pada tab Ribbon.

Artikel terkait:
Advertisement