Cara Membuka Dokumen Word 2013

Advertisement
Ketika Anda klik tab File, Word akan menampilkan tampilan Backstage. Tampilan Backstage adalah kumpulan dari berbagai halaman yang berisi informasi dan perintah yang berhubungan dengan dokumen dan program secara keseluruhan, seperti membuka, menyimpan dan mencetak dokumen; manajemen akun; dan pengaturan opsi yang memiliki efek ke program secara keseluruhan.

Ketika program Word berjalan, Anda bisa membuka lebih dari satu dokumen dalam waktu yang bersamaan. Tiap dokumen memiliki icon sendiri di taskbar, yang menjadikan lebih mudah ketika berpindah dari dokumen satu ke dokumen yang lainnya (hal ini juga bisa dilakukan dengan cara menggunakan tombol Switch Windows di tab View). Anda juga bisa dengan mudah mengcopy teks dan grafik dari dokumen satu ke dokumen lainnya.

Jika Anda mengoneksikan Office dengan akun Microsoft secara online, Anda bisa membuka dokumen yang diletakkan di SkyDrive seolah dokumen tersebut berada di komputer Anda. Jika Anda memiliki akses ke SharePoint Server, Anda bisa menggunakannya sebagai media penyimpanan.

Cara membuka dokumen dari tampilan Backstage:

  1. Pada Ribbon, klik File lalu klik Open.
  2. Jika dokumen yang Anda inginkan sudah ada di daftar Recent Documents, klik namanya atau icon untuk membuka dokumen secara langsung.
  3. Jika file yang ingin Anda buka tidak ada di daftar Recent Documents, klik Computer atau akun SkyDrive Anda (jika punya).
  4. Klik Browse.
  5. Navigasi ke folder dimana dokumen disimpan.
  6. Pilih dokumen yang akan dibuka.
  7. Klik Open.

Tips & Trik:
  • Word 2013 bisa membuka banyak jenis format dokumen. selain format standardnya .docx, Anda bisa membuka format lainnya, seperti file Word 97–2003 (.doc), Word template (.dotx, .dotm, and .dot), rich text format (.rtf), plain text (.txt), dan OpenDocument Text (.odt).
  • Jika dokumen yang Anda buka dibuat dengan Word versi sebelumnya, judul dari jendela Word akan menampilkan [Compatibility Mode] dibelakangnya nama dokumen tersebut. Ketika itu terjadi, beberapa fitur baru dari Word 2013 tidak akan berfungsi untuk mendukung kompatibilitas dengan versi yang lebih lama. Untuk membuat dokumen menjadi format terbaru (hingga Word 2013), klik File, Info, lalu kemudian Convert.

Artikel terkait:
Advertisement