Cara Membuat Dan Mengatur WordArt Di Word 2013

Advertisement
Di Word 2013, Anda bisa mengubah teks menjadi sebuah seni yang menarik. Tool Text Effects di grup Font pada tab Home menawarkan opsi untuk menambahkan efek seperti Outline, Shadow, Reflection, dan Glow untuk teks biasa dan Heading. Fitur WordArt menyertakan semua opsi tersebut ditambah dengan kemampuan untuk membuat rotasi tiga-dimensi, Bevel, refleksi, dan lainnya

Cara memasukkan WordArt:

  1. Klik pada dokumen lokasi dimana Anda ingin memasukkan objek WordArt.
  2. Pada tab Insert, di grup Text, klik tombol WordArt. Klik thumbnail pada galeri WordArt yang ditampilkan.
  3. Ganti teks placeholder Your Text Here dengan teks yang ingin Anda tampilkan.

Cara memformat WordArt:

  1. Klik sebuah objek WordArt pada dokumen untuk memilihnya.
  2. Jika Anda ingin mengubah huruf atau ukuran teks WordArt, pertama klik teks tersebut. Klik-kanan teks dan gunakan tool yang ada pada mini Toolbar (atau pada tab Home di grup Font) untuk membuat perubahan.
  3. Jika Anda ingin mengubah warna huruf WordArt, pertama klik teks tersebut. Pada tab kontekstual Drawing Tools, di grup WordArt Styles, klik Text Fill atau Text Outline, lalu klik warna yang Anda inginkan pada galeri yang ditampilkan.
  4. Jika Anda ingin menambahkan efek tiga-dimensi, pada tab kontekstual Drawing Tools | Format, di grup WordArt Styles, klik Text Effects, lalu klik 3-D Rotation. Pada galeri yang ditampilkan, arahkan ke thumbnail dan lihat preview pada objek WrodArt. Klik pada thumbnail untuk mengaplikasikannya.
  5. Jika Anda ingin membengkokkan/melengkungkan teks WordArt menjadi lingkaran, lengkungan, atau bentuk lainnya. pada tab kontekstual Drawing Tools | Format, di grup WordArt Styles, klik Text Effects, lalu klik Transform. Pada galeri yang ditampilkan, arahkan ke thumbnail dan lihat preview pada objek WordArt. Klik pada thumbnail untuk mengaplikasikannya.
Tips & Trik:
  • Dengan melakukan drag/tarik Handle pada sisi dan sudut kotak disekeliling objek WordArt tidak akan mengubah ukuran hurufnya, hanya mempengaruhi pembungkus teks disekeliling objek. Mengubah ukuran kotak juga berguna untuk mengubah jumlah baris yang bisa ditampung oleh WordArt.
  • Jika hasil dari rotasi tidak sesuai dengan keinginan Anda, atau jika Anda ingin bereksperimen dengan format lainnya, klik 3-D Rotation Options pada bagian bawah galeri 3-D Rotation untuk membuka panel Format Picture. Gunakan kontrol pada bagian 3-D Format dan 3-D Rotation di dalam panel untuk mengatur formatnya.
  • Untuk menggunakan transformasi yang terdiri dari dua atau tiga baris teks, pertama masukkan Line Breaks secara manual (tekan tombol keyboard [SHIFT + ENTER]) pada teks objek WordArt untuk membuat baris terpisah.

Artikel terkait:
Advertisement