Cara Memasukkan Hyperlink Di Word 2013

Advertisement
Anda mungkin sering membuat dokumen yang dimaksudkan untuk dibaca di komputer bukannya di kertas. Salah satu keuntungan dokumen online adalah Anda bisa membuat link/tautan ke lokasi lain dalam satu dokumen, ke dokumen lain, atau ke situs. Pembaca dokumen Anda bisa klik sebuah Hyperlink yang telah Anda sediakan, yang akan membawa ke instruksi lebih lengkap, sumber asli, atau informasi lainnya.

Cara membuat link/tautan ke lokasi lain dalam satu dokumen:

  1. Masukkan sebuah Heading atau Bookmark yang akan menjadi tujuan dari Hyperlink.
  2. Pindahkan kursor ke tempat dimana Anda ingin menampilkan Hyperlink. Pilih satu atau beberapa kata atau gambar yang ingin Anda buat menjadi Hyperlink. Anda juga bisa klik pada dokumen tanpa melakukan seleksi pada karakter, teks, atau gambar.
  3. Pada tab Insert, di grup Links, klik Hyperlink.
  4. Pada kotak dialog Insert Hyperlink, di bagian Link To, klik Place In This Document.
  5. Pada kotak daftar Select A Place In This Document, klik Heading atau Bookmark yang akan menjadi tujuan dari Hyperlink ketika di-klik.
  6. Jika Anda memilih teks pada langkah nomor 2, teks akan ditampilkan pada kotak Text To Display, dan Anda bisa mengedit teks tersebut jika diperlukan. Jika Anda klik pada dokumen tanpa memilih teks atau gambar, maka teks dari Heading atau Bookmark akan ditampilkan pada kotak dan bisa diedit. Jika Anda memilih gambar, kotak akan menampilkan <<Selection In Document>> dan tidak bisa diedit.
  7. Jika Anda ingin menampilkan teks ketika pointer mouse dilayangkan diatas Hyperlink, klik tombol ScreenTip, ketikkan teks yang Anda inginkan, lalu klik OK.
  8. Klik OK.

Cara membuat link/tautan ke dokumen lain atau situs:

  1. Pindahkan kursor ke tempat dimana Anda ingin menampilkan Hyperlink. Pilih satu atau beberapa kata atau gambar yang ingin Anda buat menjadi Hyperlink. Anda juga bisa klik pada dokumen tanpa melakukan seleksi pada karakter, teks, atau gambar.
  2. Pada tab Insert, di grup Links, klik Hyperlink.
  3. Pada kotak dialog Hyperlink, di bagian Link To, klik Existing File Or Web Page.
  4. Klik salah satu dari tiga tombol yang ada pada kolom di sebelah bagian Link To untuk mencari file pada folder yang digunakan saat itu pada komputer Anda (Current Folder), situs yang pernah Anda kunjungi (Browsed Pages), atau file yang baru-baru saja Anda buka (Recent Files). Klik file atau situs yang ingin Anda jadikan sebagai tujuan dari Hyperlink. Jika Anda tidak menemukan item yang Anda inginkan, Anda bisa klik tombol Browse The Web untuk membuka browser atau Browse For File untuk membuka kotak dialog File.
  5. Secara default, kotak teks Text To Display berisi teks yang sama dengan item yang Anda klik pada daftar. Edit atau ganti teks tersebut sesuai keperluan Anda.
  6. Jika Anda ingin menampilkan teks ketika pointer mouse dilayangkan diatas Hyperlink, klik tombol ScreenTip, ketikkan teks yang Anda inginkan, lalu klik OK.
  7. Jika Anda memilih sebuah file Word pada langkah nomor 4, dan jika file tersebut berisi Bookmark, Anda bisa mengatur Bookmark tersebut sebagai tujuan dari Hyperlink. Klik tombol Bookmark, klik Bookmark yang Anda inginkan, lalu klik OK.
  8. Klik OK.
Tips & Trik:
  • Word secara otomatis memformat Hyperlink yang Anda masukkan dari kotak dialog dengan mengaplikasikan Character Style Hyperlink. Ketika Anda klik Hyperlink, Word akan mengubah formatnya menjadi Character Style FollowedHyperlink. Style ini mengaplikasikan warna yang telah ditentukan oleh Theme yang digunakan saat itu.
  • Jika Anda membuka halaman AutoFormat As You Type pada kotak dialog AutoCorrect Options dan memilih check box Internet And Network Paths With Hyperlinks, maka Word secara otomatis akan mengubah tiap alamat yang Anda masukkan sebagai teks biasa menjadi Hyperlink yang aktif (bisa di-klik).
  • Ketika Anda membuat link/tautan ke dokumen yang sama, Anda bisa mengarahkannya pada Heading atau Bookmark. Tapi, ketika Anda membuat link/tautan ke dokumen lain, hanya Bookmark saja yang bisa dijadikan sebagai tujuannya. Jika Anda ingin mengarahkan ke Heading pada dokumen lain, Anda harus memasukkan Bookmark pada Heading tersebut.
  • Untuk mengubah tampilan, alamat, atau ScreenTip pada Hyperlink, klik-kanan pada Hyperlink, lalu klik Edit Hyperlink pada menu yang ditampilkan. Buat perubahan yang Anda inginkan pada kotak dialog Edit Hyperlink, dan klik OK.
  • Jika Anda tahu bahwa sebuah situs memiliki elemen Anchor (sebuah nama lokasi), Anda bisa membuat Hyperlink mengarah ke Anchor tersebut. Pada kotak dialog Insert Hyperlink, di kotak teks Address, pada akhir dari alamat URL situs, ketikkan simbol # lalu diikuti dengan nama dari Anchor.

Artikel terkait:
Advertisement