Cara Berbagi (Sharing) Dokumen Word 2013 Dengan Menggunakan SkyDrive

Advertisement
SkyDrive (skydrive.live.com) adalah tempat penyimpanan file gratis dan layanan sharing yang ditawarkan oleh Microsoft. Anda bisa menggunakannya untuk membackup file, mengakses file dari semua komputer, dan Anda bisa mengizinkan pengguna lain untuk download dokumen tertentu atau mengeditnya pada web browser dengan Word Web App. Untuk bisa menggunakan SkyDrive, Anda hanya membutuhkan akun Microsoft.

Pada halaman Account di Backstage View pada semua program Office, Anda bisa menghubungkan penyimpanan SkyDrive Anda dengan Office. Folder SkyDrive Anda akan ditampilkan pada halaman Open dan Save As bersama dengan folder lain pada komputer Anda.

Anda bisa menggunakan Microsoft SharePoint Workspace yang sudah disertakan dalam Office 2013 Professional Plus, untuk menghubungkan server SharePoint dan menggunakan folder dan Library SharePoint seolah-olah sebagai drive lokal. Selain memfasilitasi coauthor, SharePoint juga menawarkan kemampuan untuk mengelola banyak versi dokumen, mengatur izin untuk melihat dan mengedit file, dan menambahkan nilai properti untuk mempermudah proses pencarian. Jika Anda ingin menggunakan SharePoint Workspace, Anda harus menghubungi administrator sistem Anda.

Cara berbagi file menggunakan SkyDrive:

  1. Untuk membagikan keseluruhan folder dokumen, pada view Details, pilih check box disebelah folder tersebut (atau check box yang ada pada judul Tile folder jika berada pada view Tile) dan klik Share. Lanjutkan ke langkah nomor 3.
  2. Untuk membagikan hanya satu file di dalam folder, buka folder tersebut. Pilih check box disebelah file yang ingin Anda bagikan (atau check box pada Tile file) dan klik Share. Lanjutkan ke langkah nomor 3.
  3. Pada panel Send A Link, untuk mengirim link/tautan melalui email, masukkan alamat email user lain. Anda bisa memasukkan deskripsi dan memilih opsi sharing. Klik Share untuk mengirim email.
  4. Untuk memposting link/tautan ke jejaring sosial yang sudah Anda sambungkan ke akun Microsoft, klik Post To, lalu pada panel Post On A Social Network, pilih check box disebelah layanan jejaring sosial (seperti Facebook, LinkedIn, atau Twitter). Klik Post untuk memposting link/tautan.
  5. Untuk menampilkan link/tautan yang bisa Anda Copy dan Paste pada halaman situs atau lokasi lain, klik Get A Link, lalu pada panel Get A Link To, klik Create atau Make Public. Klik Done untuk menutup panel.
Tips & Trik:
  • Gunakan tiga icon yang dekat dengan pojok-kanan-atas tampilan SkyDrive untuk beralih antara view Details dan Tiles, dan untuk mengatur apakah panel Properties ditampilkan.
  • Ketika akun Microsoft terhubung dengan Office di komputer Anda, Anda bisa menggunakan tab Share yang ada pada Backstage View untuk menyimpan ke SkyDrive dan mengirim ajakan ke user lain secara langsung melalui Word 2013.
  • Jika link/tautan yang ditampilkan pada panel Get A Link terlalu panjang, Anda bisa klik Shorten untuk membuat link/tautan yang lebih pendek.

Artikel terkait:
Advertisement