Cara Membuat, Memformat, Dan Mengubah Diagram SmartArt Di Word 2013

Advertisement
Jik Anda membuat bagan organisasi, mendokumentasikan sebuah proses, atau menggambarkan hubungan ide-ide, fitur SmartArt di Word 2013 bisa membantu Anda membuat diagram yang informatif dan atraktif.

Kotak dialog Choose A SmartArt Graphic menawarkan berbagai Shape dan pengaturan, dan panel preview yang menyertakan deskripsi dalam penggunaan tiap diagramnya. Setelah Anda memasukkan diagram pada dokumen, Anda bisa menambahkan Shape, mengaturnya, dan memasukkan teks dan gambar untuk melengkapinya.

Huruf, warna dan efek yang digunakan pada diagram SmartArt diambil dari Theme yang digunakan oleh dokumen Anda. Dengan memilih Theme lain, Anda bisa dengan cepat mengubah tampilan semua SmartArt sekaligus beserta teks dan Heading pada dokumen.

Cara memasukkan diagram:

  1. Klik pada dokumen lokasi dimana Anda ingin memasukkan diagram.
  2. Pada tab Insert, di grup Illustrations, klik SmartArt.
  3. Pada panel di sisi kiri kotak dialog Choose A SmartArt Graphic, Anda bisa klik salah satu entry untuk menampilkan hanya grup kecil layout pada panel tengah. Jika Anda ingin menampilkan keseluruhan daftar layout pada panel tengah, klik All pada bagian atas panel kiri.
  4. Pada panel tengah kotak dialog Choose A SmartArt Graphic, klik salah satu layout untuk menampilkan preview-nya pada panel kanan. Tiap preview layout menyertakan deskripsi jenis informasi yang cocok untuk layout tersebut. Beberapa layout hanya terdiri dari Shape dan teks, dan layout lainnya bisa juga menyertakan gambar.
  5. Klik OK jika Anda ingin memilih layout tersebut.

Cara memformat diagram:

  1. Klik sebuah diagram SmartArt pada dokumen untuk memilihnya.
  2. Pada tab kontekstual SmartArt Tools | Design, di grup SmartArt Styles, klik thumbnail pada galeri SmartArt Styles.
  3. Jika Anda ingin mengubah warna Theme yang digunakan oleh diagram SmartArt, pada tab kontekstual SmartArt Tools | Design, di grup SmartArt Styles, klik Change Colors. Klik thumbnail pada galeri yang menampilkan warna Theme.

Cara mengubah tipe atau data diagram:

  1. Klik sebuah diagram SmartArt pada dokumen untuk memilihnya.
  2. Jika Anda ingin mengubah layout dari diagram SmartArt, pada tab kontekstual SmartArt Tools | Design, di grup Layout, arahkan ke thumbnail yang ada pada galeri Layout dan lihat preview-nya. Klik pada thumbnail untuk mengaplikasikannya.
  3. Pada tab Design dibawah tab kontekstual SmartArt Tools, di grup Create Graphic, klik tombol Text Pane.
  4. Klik tiap placeholder dan masukkan teks yang ingin Anda tampilkan pada diagram SmartArt. Jika teks yang Anda masukkan terlalu panjang untuk ditampung dalam Shape, ukuran huruf teks akan otomatis dikurangi di semua Shape pada diagram SmartArt tersebut (tidak hanya di satu Shape).
Tips & Trik:
  • Untuk mengubah format salah satu Shape pada diagram SmartArt, klik Shape tersebut. Pada tab kontekstual SmartArt Tools | Format, di grup Shape Styles, gunakan tool untuk memilih style, mengubah Fill dan Outline, atau mengaplikasikan efek, Anda bisa melihat tutorialnya disini: Mengubah Outline Dan Fill, Menambahkan Teks, Menggabungkan Dan Mengedit Point Shape.
  • Anda juga bisa menggunakan tombol tanda-panah-kecil di tengah sisi kiri diagram SmartArt untuk membuka dan menutup Text Pane.
  • Jika Anda ingin menambahkan item lain kedalam diagram, pada tab kontekstual SmartArt Tools | Design, di grup Create Graphic, klik Add Shape. Jika Anda membutuhkan item level-kedua didalam Shape, klik pada Shape, lalu klik Add Bullet pada grup Create Graphic.

Artikel terkait:
Advertisement