Cara Mengatur Format Field Dengan Menggunakan Switch Di Word 2013

Advertisement
Anda bisa mengatur tampilan field yang menghasilkan nomor, tanggal, atau teks dengan menggunakan switch yang telah Anda tentukan.

Pada field yang menghasilkan hasil numerik, Anda bisa memasukkan switch numerik yang terdiri dari karakter \# diikuti dengan ekspresi dalam tanda-kurung yang mendeskripsikan format. Karakter berikut ini memiliki arti tersendiri:
  • Karakter 0 mengindikasikan angka yang dibutuhkan pada hasil, yang ditampilkan 0 jika tidak ada angka lain disana. Misalnya: field { = 2 + 3 \# “$00.0” } akan menampilkan hasil $05.0.
  • Karakter # mengindikasikan angka yang dibutuhkan, sama dengan karakter 0, kecuali akan menampilkan spasi jika tidak ada angka disana. Misalnya: field { = 2 + 3 \# “$#0.0” } akan menghasilkan $ 5.0.
  • Jika Anda memasukkan dua atau tiga format ekspresi dipisahkan dengan tanda titik-koma (;), ekspresi yang pertama digunakan jika hasilnya adalah angka positif, yang kedua digunakan jika hasilnya negatif, dan yang ketiga digunakan jika hasilnya 0. Misalnya, field pada cell kolom tabel bagian bawah { =SUM(ABOVE) \# “$0.00;- $0.00;NA” }. Jika total angka pada kolom positif, field akan menampilkannya dengan tanda-dolar dan dua desimal; jika totalnya negatif, field akan menampilkan dengan tanda-minus; dan jika totalnya 0, field akan menampilkan karakter NA.

Pada field yang menghasilkan tanggal, Anda bisa memasukkan switch yang terdiri dari karakter \@ diikuti dengan ekspresi dalam tanda-kurung yang mendeskripsikan formatnya. Selain karakter spesial berikut ini, Anda bisa memasukkan teks lain, tanda-baca, dan spasi di dalam ekspresi:
  • Huruf besar M untuk bulan. Satu huruf M menampilkan bulan sebagai 1 atau 2 angka, tapi MM menampilkan bulan dengan 2 angka termasuk angka 0 di depannya (jika diperlukan). MMM menampilkan bulan sebagai singkatan 3 huruf, dan MMMM akan menampilkan nama bulan secara penuh.
  • Huruf besar atau kecil d untuk tanggal. Satu d menampilkan tanggal dalam 1 atau 2 angka, tapi dd menampilkan tanggal 2 digit termasuk angka 0 didepannya (jika diperlukan). ddd menampilkan hari sebagai singkatan 3 huruf, dan dddd akan menampilkan nama hari secara penuh.
  • Huruf besar atau kecil y untuk tahun. y atau yy menampilkan dua angka terakhir tahun, yyyy akan menampilkan 4 angka tahun. yyy akan menampilkan pesan error.
  • Huruf besar H untuk jam berdasarkan 24 jam. Satu H menampilkan jam tanpa angka 0 didepannya, HH menampilkan jam dengan angka 0 didepannya (jika diperlukan).
  • Huruf kecil h bertindak seperti huruf besar H, kecuali akan menampilkan jam berdasarkan 12 jam. Gunakan karakter ini dengan ekspresi AM/PM.
  • Huruf kecil m untuk menit. Satu m menampilkan menit tanpa angka 0 didepannya, mm menampilkan menit dengan angka 0 di depannya (jika diperlukan).
  • Huruf besar atau kecil s untuk detik. Satu s menampilkan detik tanpa angka 0 didepannya, ss menampilkan detik dengan angka 0 didepannya (jika diperlukan).
  • Huruf besar atau kecil am/pm untuk pagi atau petang pada 12 jam. Ekspresi ini selalu menampilkan huruf besar AM atau PM kecuali jika Anda menyertakan switch \* pada kode field.

Pada field yang menghasilkan teks, Anda bisa mengatur huruf besar dan memformat dengan switch yang terdiri dari karakter \* diikuti dengan keyword yang menentukan perubahan tampilan.
  • \* Caps membuat huruf pertama pada tiap kata berhuruf besar.
  • \* FirstCap Membuat huruf pada kata yang pertama berhuruf besar.
  • \* Upper Membuat semua kata berhuruf besar.
  • \* Lower Membuat semua kata berhuruf kecil.
  • \* CharFormat Mengaplikasikan pemformatan (seperti bold, italic, jenis huruf dan ukurannya) karakter pertama dari kode field ke seluruh hasil field.
  • \* MergeFormat Mengaplikasikan pemformatan hasil field sebelumnya ke hasil field yang baru jika field tersebut di update.
  • \* alphabetic Menampilkan hasil numerik sebagai huruf kecil. Sedangkan \* Alphabetic menampilkan huruf besar.
  • \* roman Menampilkan hasil numerik sebagai angka romawi huruf kecil. Sedangkan \* Roman menampilkan angka romawi huruf besar.
  • \* ordinal Menampilkan hasil numerik diikuti dengan st, nd, rd, atau th.
  • \* OrdText Menampilkan hasil numerik sebagai angka urut yang disebutkan secara penuh (misalnya, twenty-third).
  • \* CardText Menampilkan hasil numerik sebagai angka pokok yang disebutkan secara penuh (misalnya, twenty-three).
  • \* DollarText Menampilkan hasil numerik sebagai angka pokok, dengan kata dan dimasukkan ke titik desimal dan dua desimal pertama dinyatakan sebagai pecahan (misalnya twenty-three and 44/100).

Cara memformat field numerik:

  1. Pada dokumen yang berisi nomor halaman (Page Number) pada Header, klik-dua-kali pada area Header. Klik-kanan nomor halaman, lalu klik Toggle Field Codes pada menu yang ditampilkan.
  2. Pada akhir keyword PAGE di kode field, ketikkan \* CardText and \* Caps.
  3. Klik-kanan field, lalu klik Update Field pada menu yang ditampilkan.
  4. Klik-dua-kali di dalam area dokumen utama. Ketikkan kode field = 2.15 + 3.02 \# “00.00;(00.00)”. Pilih kode, lalu tekan tombol keyboard [CTRL + F9] untuk memasukkan tanda-field.
  5. Klik-kanan pada field, lalu klik Update Field pada menu yang ditampilkan.
  6. Klik-kanan pada field. Pada menu shortcut Toggle Field Codes. Ubah tanda + menjadi tanda - lalu lakukan update field lagi.

Cara memformat field tanggal (Date & Time):

  1. Pada tab Insert, di grup Text, klik Date & Time.
  2. Pada kotak dialog Date And Time, di daftar Available Format, klik salah satu format tanggal. Pilih check box Update Automatically, lalu klik OK.
  3. Klik-kanan pada tanggal, lalu klik Toggle Field Codes pada menu yang ditampilkan.
  4. Di dalam tanda-kurung kode field, ketikkan format waktu seperti hh:mm am/pm.
  5. Klik-kanan pada field, lalu klik Update Field pada menu yang ditampilkan.

Cara memformat field teks:

  1. Pada dokumen, tekan tombol keyboard [CTRL + F9] untuk memasukkan sepasang tanda-field dan ketikkan kode field “sample text” \* charformat \* upper.
  2. Format huruf q dengan huruf dan ukuran yang berbeda yang ingin Anda aplikasikan ke seluruh hasil field.
  3. Klik-kanan pada field, lalu klik Update Field pada menu yang ditampilkan.
Tips & Trik:
Pada kode field, penulisan keyword dan beberapa switch (seperti CharFormat) tidak case-sensitive, Anda bisa memakai huruf besar atau kecil. Sedangkan ekspresi format tanggal dan beberapa switch lainnya (seperti Roman) case-sensitive.

Artikel terkait:
Advertisement