Cara Memotong (Cropping) Gambar Di Word 2013

Advertisement
Setelah Anda memasukkan gambar kedalam dokumen, Anda mungkin ingin menampilkan sebagian kecil dari gambar saja. Anda bisa menggunakan tool Crop di Word 2013 untuk menghilangkan bagian yang tidak diinginkan.

Dalam kondisi lain, Anda mungkin ingin memotong gambar menjadi bentuk tertentu, bukan hanya bentuk kotak biasa. Dengan menggunakan tool Crop, Anda bisa memilih item yang ada di galeri Insert Shapes untuk memotong gambar sesuai dengan bentuk tertentu.

Cara memotong/menghapus bagian gambar yang tidak diinginkan:

  1. Klik sebuah gambar pada dokumen untuk memilihnya.
  2. Pada tab kontekstual Picture Tools | Format, di grup Size, klik bagian atas dari tombol Crop.
  3. Drag/tarik salah satu sudut atau sisi tanda-Cropping menuju pusat gambar. Bagian yang akan dihilangkan akan berbayang/meredup.
  4. Klik pada dokumen (diluar gambar) untuk keluar dari tool Crop. Jika diperlukan, drag/tarik gambar untuk mengatur ulang posisinya terhadap teks.

Cara memotong gambar dengan menggunakan Shape/bentuk:

  1. Klik sebuah gambar di dalam dokumen untuk memilihnya.
  2. Pada tab kontekstual Picture Tools | Format, di grup Size, klik tanda-panah-kebawah yang ada di bagian bawah tombol Crop. Klik Crop To Shape pada daftar drop-down yang ditampilkan.
  3. Pada galeri Crop To Shape, klik item yang Anda inginkan.
  4. Jika diperlukan, drag/tarik gambar untuk mengatur ulang posisi gambar terhadap teks.
Tips & Trik:
Shape/bentuk yang Anda pilih secara otomatis mengadopsi lebar dan tinggi gambar secara penuh. Anda tidak bisa memindahkan lokasi Shape. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pertama potong terlebih dahulu gambar untuk membentuk kotak atau persegi yang bentuknya setidaknya mendekati Shape yang akan Anda gunakan, lalu kemudian gunakan Shape untuk menyempurnakannya.

Artikel terkait:
Advertisement