Cara Memformat Dengan Menggunakan Style Di Word 2013

Advertisement
Di Word 2013, properti yang menentukan tampilan teks Anda terbagi atas format karakter dan format paragraf. Format untuk karakter antara lain nama font, ukuran font, bold, italic, underline. Perintah untuk format karakter ada di tab Home, pada grup Font. Format untuk paragraf antara lain alignment, indent, line spacng, dan lainnya. Perintah untuk format paragraf juga tersedia di tab Home, tapi pada grup Paragraph.

Sebuah style merupakan kumpulan dari berbagai format yang diaplikasikan sekaligus. Berikut ini adalah beberapa jenis style:
  • Format Paragraph Style setidaknya diterapkan pada satu paragraf. Termasuk format untuk font dan paragraf.
  • Character Style, memformat sedikitnya satu karakter. Anda bisa menambahkan Character Style ke sebuah teks yang dipilih, dan akan mengubah format karakter yang telah ditentukan oleh Paragraph Style-nya teks tersebut.
  • Linked Style bertindak seperti Paragraph Style (mengatur format karakter dan paragraf) jika Anda mengaplikasikan ke keseluruhan paragraf. Juga bisa bertindak seperti Character Style (hanya mengatur format karakter) jika Anda memilih kurang dari satu paragraf.
  • Table Style diaplikasikan pada tabel. Termasuk beberapa format karakter dan paragraf, ditambah dengan border dan shading cell, baris dan kolom.
Tiap paragraf bisa memiliki beberapa Paragraph Style. Jika Anda tidak mengaplikasikan style tertentu pada sebuah paragraf, secara defaultnya adalah menggunakan Normal Style. Ketika Anda mengaplikasikan sebuah style ke sebagian dokumen Anda, maka teks tersebut telah diformat dengan pengaturan yang telah ditentukan di dalam style. Jika Anda mengubah style, semua bagian dokumen yang memakai style tersebut juga akan berubah. Style merupakan cara cepat untuk memformat dan mengubah dokumen, dan menjadikan tampilan dokumen Anda lebih konsisten.

Mengenali Style:

  1. Pada tab Home, di pojok-kanan-bawah dari grup Styles, klik icon tanda-panah-kecil untuk membuka kotak dialog. Anda juga bisa menggunakan tombol keyboard [CTRL + ALT + SHIFT + S] sebagai cara cepatnya.
  2. Jika Style Pane berisi hanya beberapa style, klik link/tautan Options yang ada di bawah panel. Jika tidak lanjutkan ke langkah nomor 6.
  3. Pada kotak dialog Style Pane Options, di daftar drop-down Select Styles To Show, pilih All Styles.
  4. Pada daftar drop-down Select How List Is Sorted, pilih Alphabetical.
  5. Klik OK.
  6. Pelajari simbol yang ada di sisi kanan Styles Pane. Simbol ini mengidentifikasikan Paragraph Style (¶), Character Style (a), dan Linked Styles (¶a).
  7. Untuk melihat Table Style, Anda harus memasukkan tabel ke dalam dokumen terlebih dahulu. Pada tab Insert, di grup Tables, klik Table lalu klik satu kotak pada galeri yang terbuka. Pada Table Tools > tab Design Contextual, pelajari galeri Table Style.

Mengaplikasikan Paragraph Style dari galeri Styles:

  1. Klik pada paragraf yang akan Anda beri Paragraph Style.
  2. Pada tab Home, di grup Styles, arahkan ke Paragraph Style atau Linked Style yang diinginkan dan lihat pada live preview pada paragraf yang dipilih. Ketika live preview menampilkan format yang Anda inginkan, klik style yang ada pada galeri tersebut untuk mengaplikasikannya.

Mengaplikasikan Character Style dari galeri Styles:

  1. Pilih sebagian paragraf (teks) yang akan diberi style.
  2. Pada tab Home, di grup Styles, arahkan ke Paragraph Style atau Linked Style yang diinginkan dan lihat pada live preview pada paragraf yang dipilih. Ketika live preview menampilkan format yang Anda inginkan, klik style yang ada pada galeri tersebut untuk mengaplikasikannya.
Tips & Trik:
  • Jika style yang digunakan adalah Linked Style dan Anda ingin memformat karakternya, ketika Anda memilih teks pastikan tidak menyertakan tanda paragraf (¶) dalam pemilihan. Karena jika tidak, maka Linked Style akan diaplikasikan seperti Paragraph Style.
  • Anda juga bisa mengaplikasikan style yang tidak ada pada galeri Styles. Pada tab Home, di grup Styles, klik icon tanda-panah-kecil di pojok-kanan-bawah untuk membuka Styles Pane, dan Anda bisa memilih nama style yang Anda inginkan.
  • Tekan tombol keyboard [CTRL + SHIFT + S] untuk membuka kotak dialog Apply Style. Klik sebuah item yang ada di daftar Style Name, atau ketikkan nama style hingga style yang diinginkan muncul dalam daftar. Klik tombol Apply untuk mengaplikasikan style ke teks yang telah dipilih.

Artikel terkait:
Advertisement