Apa Yang Baru Di Word 2013

Advertisement
Jika Anda pernah menggunakan Word 2010, menggunakan Word 2013 tidaklah akan terasa asing, masih banyak tampilan antarmuka maupun menu yang terasa familier. Menu di ribbon/tab masih berada di tempat yang sama, dan banyak dialog boks yang tidak mengalami perubahan. Fokus pada versi ini adalah bagaimana membuat proses membaca dan menulis/editing dokumen menjadi lancar dan terasa tenang. Ikon terkesan sederhana, dan semua bagian diluar dokumen kurang menarik perhatian. Namun tentu saja, pasti ada fitur-fitur baru atau setidaknya ada cara yang lebih baru dalam menggunakan fitur-fitur lama.

Ketika Anda lebih membutuhkan untuk membaca dokumen daripada mengedit dokumen, tampilan Read More yang baru terlihat lebih bersih, dan terkesan bebas gangguan, membuat nyaman untuk membaca. Otomatis mengadaptasi lebar kolom ke ukuran layar Anda, yang akan menyamankan Anda jika Anda sedang menggunakan komputer tablet. Anda bisa dengan cepat melakukan zoom pada gambar, chart dan tabel atau menampilkan komentar.
Jika Anda bekerja dengan dokumen yang panjang di tampilan Print Layout, Anda bisa dengan mudah membuka/menutup heading bersama dengan segala sesuatu yang ada didalamnya. Fitur baru ini memungkinkan Anda untuk menyembunyikan detil yang tidak diinginkan sampai Anda siap atau ingin melihatnya, tanpa perlu berpindah ke tampilan Outline. Anda juga bisa membuka ribbon secara penuh, menyembunyikan tombol-tombol perintah maupun tab.

Ketika Anda bekerja dengan Tracked Changed di dokumen yang sedang Anda review, tampilan Simple Markup akan mengurangi kekacauan dan membuat Anda mudah untuk konsentrasi pada perubahan yang spesifik. Jika Anda log on ke Office dengan akun Microsoft, daftar dokumen yang baru-baru ini Anda gunakan akan disimpan di Cloud. Tidak peduli komputer apa yang Anda pakai untuk log on, informasi tersebut pastilah tersedia. Cloud juga akan mengingat halaman terakhir yang Anda baca ketika Anda menutup tiap dokumen online. Aktivitas membuka dan menyimpan dokumen di SkyDrive atau SharePoint cukup mudah dilakukan, dan Anda juga bisa mengintegrasikan Office dengan layanan online lainnya.
Integrasi Office 2013 secara online juga akan meningkatkan kemampuan Anda untuk membagikan/share dokumen dan untuk kolaborasi dengan author lain di satu dokumen, baik secara terpisah ataupun pada saat yang sama. Anda bisa melakukan kontak secara langsung dengan yang lainnya dari Word melalui email, instant messenger atau telepon.

Word 2013 juga bisa membuka dokumen berformat PDF, sehingga Anda bisa mengedit atau memformat ulang dokumen dan menyimpan hasilnya sebagai dokumen Word, format lainnya atau tetap berformat PDF seperti aslinya.

Anda bisa memasukkan berbagai video online pada dokumen Anda dan memutarnya didalam Word. Anda juga bisa memasukkan gambar online secara langsung kedalam dokumen tanpa perlu menyimpannya atau mendownloadnya terlebih dahulu ke komputer Anda.

Saat anda menarik/drag gambar atau tabel di dalam dokumen, teks di sekitarnya akan bergeser secara instan, memberikan Anda keleluasaan untuk mengatur dan merapikan posisi yang lebih baik. Panduan untuk meluruskan juga akan otomatis muncul untuk membantu Anda meluruskan gambar dengan margin atau paragraf halaman.

Versi ini juga memperbarui Word Web App online supaya selaras dengan Word 2013 di desktop.

Artikel terkait:
Advertisement