Cara Memodifikasi Quick Access Toolbar Word 2013

Advertisement
Quick Access Toolbar adalah tempat dimana Anda bisa meletakkan tombol perintah yang sering Anda gunakan sehingga memudahkan Anda menjangkaunya. Sangatlah mudah menambahkan dan menghapus tombol pada Quick Access Toolbar. Anda bisa menambahkan tombol apapun atau grup yang ada pada Ribbon.

Meskipun Quick Access Toolbar awalnya terletak pada title bar diatas Ribbon, Anda bisa memindahkannya kebawah Ribbon. Pada posisi tersebut, Toolbar akan lebih dekat dengan dokumen dan bisa menampung lebih banyak tombol.

Cara menambahkan item yang ada pada Ribbon ke Quick Access Toolbar:

  1. Pada Ribbon, klik-kanan tool yang ingin Anda tambahkan ke Quick Access Toolbar.
  2. Klik Add To Quick Access Toolbar pada menu shortcut yang ditampilkan. Jika Anda klik thumbnail yang ada pada galeri di Ribbon, seperti galeri Styles yang ada pada tab Home, menu shortcut akan menampilkan Add Gallery To Quick Access Toolbar. Anda tidak bisa menambahkan hanya satu thumbnail ke Quick Access Toolbar.
  3. Untuk menghapus tool dari Quick Access Toolbar, klik-kanan tool yang ada Toolbar, lalu klik Remove From Quick Access Toolbar.

Cara menambahkan item lain ke Quick Access Toolbar:

  1. Klik-kanan di sembarang tempat pada Quick Access Toolbar atau pada Ribbon, klik Customize Quick Access Toolbar pada menu shortcut yang ditampilkan.
  2. Pada kotak dialog Word Options, klik kotak daftar Choose Commands From, lalu klik kategori perintah.
  3. Klik nama perintah yang ingin Anda tambahkan ke Quick Access Toolbar.
  4. Klik Add.
  5. Untuk mengubah urutan tool pada Quick Access Toolbar, klik pada nama perintah dalam daftar di sebelah kanan, lalu klik tanda-panah-keatas atau tanda-panah-kebawah untuk memindahkan/mengurutkan perintah dalam daftar.
  6. Jika Anda menambahkan sebuah Macro ke Quick Access Toolbar, Anda bisa klik Modify. Lalu, pada kotak dialog Modify Button, Anda bisa edit nama yang ditampilkan pada tooltip tombol dan memilih sebuah icon dari kotak Symbol. Tool selain Macro tidak bisa dimodifikasi.
Tips & Trik:
  • Anda bisa klik tanda-panah drop-down yang ada di ujung-kanan Quick Access Toolbar dan pilih atau kosongkan tanda check disebelah perintah-perintah umum untuk menampilkan atau menyembunyikannya dari Toolbar. Salah satu perintah tersebut adalah tool Touch/Mouse Mode, yang mengubah jarak Ribbon dengan tombol Toolbar.
  • Klik-kanan disembarang tempat pada Quick Access Toolbar atau pada Ribbon dan klik Show Quick Access Toolbar Below The Ribbon. Ketika Quick Access Toolbar berada dibawah Ribbon, item yang ada pada menu shortcut akan berubah menjadi Show Quick Access Toolbar Above The Ribbon.
  • Ketika nilai yang ada pada kotak daftar Customize Quick Access Toolbar adalah For all documents (default), hasil modifikasian Anda akan disimpan pada template Normal.dotm. Jika Anda ingin menyimpan hasil modifikasian hanya pada dokumen saat itu, klik pada kotak dan pilih nama dokumen. Untuk menyimpan modifikasian Anda pada template selain Normal.dotm, gunakan perintah Open yang ada di Backstage View untuk membuka template tersebut, lalu pilih nama template pada kotak daftar Customize Quick Access Toolbar.

Artikel terkait:
Advertisement