Cara Blogging Dengan Menggunakan Word 2013

Advertisement
Anda bisa mempublikasikan blog sebagai catatan dari proyek kerja, catatan pribadi, perjalanan kehidupan, atau tentang literatur. Sejumlah situs di internet menawarkan hosting dan tool untuk publikasi dan mengelola blog. Word 2013 memiliki template Blog Post, dan tab Ribbon Blog Post yang berisi perintah-perintah yang bisa membantu Anda mempublikasikan dan mengelola postingan blog Anda.

Cara menyiapkan akun blog:

  1. Jika Anda memiliki akses ke situs Microsoft SharePoint Server, mintalah ke manager situs untuk dibuatkan akun blog. Jika tidak, buatlah akun pada situs penyedia layanan blog seperti Wordpress (www.wordpress.com) atau Blogger (www.blogger.com).
  2. Klik File untuk menampilkan Backstage View, lalu klik tab New dan klik pada thumbnail template Blog Post.
  3. Klik Create.
  4. Pada kotak dialog Register A Blog Account, klik Register Now.
  5. Pada kotak dialog New Blog Account, klik kotak daftar Blog dan pilih nama penyedia jasa layanan blog Anda lalu klik Next.
  6. Masukkan User Name dan Password akun blog Anda, serta informasi lain yang dibutuhkan.
  7. Secara default, gambar yang Anda sertakan dalam postingan blog akan diupload ke situs penyedia layanan blog. Jika Anda ingin menyimpan file gambar ke server lain, klik Picture Options. Pada kotak dialog Picture Options, ubah pengaturannya dan klik OK pada tiap masing-masing kotak dialog.

Cara posting blog:

  1. Klik pada Heading [Enter Post Title Here] dan ketikkan judul yang Anda inginkan untuk postingan blog. Anda bisa menerapkan style dari galeri Styles pada tab Blog Post atau melakukan pemformatan secara langsung.
  2. Klik paragraf dibawah judul postingan dan ketikkan isi postingan Anda. Gunakan style dan format seperti biasanya ketika Anda bekerja dengan dokumen Word.
  3. Pada tab Insert, Anda bisa klik pada perintah-perintah untuk memasukkan tabel, gambar, Clip Art, hyperlink, dan item-item lainnya.
  4. Jika Anda ingin memasukkan postingan ke dalam kategori, pada tab Blog Post, di grup Blog, klik Insert Category. Lalu klik kotak daftar Category dibawah judul postingan dan ketikkan nama kategori baru atau pilih salah satu dari daftar drop-down.
  5. Ketika Anda sudah menyelesaikan postingan blog, pada tab Blog Post, klik Publish.
Tips & Trik:
  • Untuk mengirimkan postingan ke penyedia layanan blog tapi tidak ingin diakses secara publik (Draft), Anda bisa klik tanda-panah-drop-down pada tombol Publish, lalu klik Publish As Draft pada daftar yang ditampilkan. Jika draft postingan sudah siap untuk dipublikasikan atau sudah disempurnakan, klik Publish untuk mempublikasikannya.
  • Jika Anda ingin mengedit sebuah postingan yang sudah dipublikasikan, pada tab Blog Post, di grup Blog, klik Open Existing dan pilih judul dari postingan yang ingin Anda edit.

Artikel terkait:
Advertisement