Cara Mengatur Line And Page Breaks Word 2013

Advertisement
Ketika Anda memasukkan teks, gambar, dan item lain ke dalam dokumen, Word 2013 akan mengevaluasi posisi dari karakter teks. Ketika sebuah baris konten telah mencapai Margin kanan, Word akan menentukan apakah kata selanjutnya masih cukup pada baris tersebut atau perlu untuk dipindahkan ke baris baru. Ketika teks telah mencapai Margin bawah, Word akan menentukan apakah perlu untuk membuat halaman baru. Anda bisa mengubah aturan tersebut dengan mengatur beberapa opsi yang ada pada menu Line And Page Breaks.

Anda biasanya menginginkan Heading, judul tabel, dan lainnya untuk berada pada halaman yang sama dengan teks yang mengikutinya. Ini juga merupakan penerapan yang bagus untuk menghindari sebuah baris dari akhir paragraf muncul di atas sebuah halaman (disebut Widow), atau sebuah baris dari awal paragraf muncul pada bagian bawah halaman (disebut Orphan).

Jika Anda menggunakan tanda-penghubung otomatis dalam dokumen Anda, Anda juga bisa mencegah digunakannya tanda-penghubung otomatis untuk paragraf atau style tertentu.

Memperbaiki perpindahan halaman (Page Breaks):

  1. Klik pada paragraf yang ingin Anda format.
  2. Pada tab Home, di grup Paragraph, klik icon tanda-panah-kecil di pojok-kanan-bawah untuk membuka kotak dialog Paragraph.
  3. Klik tab Line And Page Breaks.
  4. Pilih check box opsi yang Anda inginkan:
    • Widow/Orphan Control: Jika opsi ini tidak dipilih, Word akan memulai halaman baru ketika baris selanjutnya tidak bisa ditampung pada halaman saat itu. Ini mungkin akan menghasilkan sebuah baris dari awal paragraf muncul di bagian bawah halaman, atau sebuah baris dari akhir paragraf muncul pada bagian atas halaman selanjutnya. Jika opsi ini dipilih, Word akan memindahkan setidaknya satu baris paragraf ke halaman selanjutnya. Secara default, opsi ini dalam keadaan terpilih di style Normal dan semua style yang berdasar pada style Normal.
    • Keep With Next: Jika opsi ini dipilih, Word akan memindahkan sebagian atau keseluruhan paragraf ke halaman selanjutnya.
    • Keep Lines Together: Jika opsi ini dipilih, Word akan memindahkan keseluruhan paragraf ke halaman selanjutnya.
    • Page Break Before: Word akan memasukkan Page Break otomatis di awal paragraf saat itu.
  5. Klik OK.

Cara mencegah tanda-pengubung otomatis (Hypenation):

  1. Klik paragraf yang ingin Anda format.
  2. Pada tab Home, di grup Paragraph, klik icon tanda-panah-kecil di pojok-kanan-bawah untuk membuka kotak dialog Paragraph.
  3. Klik tab Line And Page Breaks.
  4. Pilih check box Don’t Hyphenate.
  5. Klik OK.
Tips & Trik:
Jika Anda ingin mengatur supaya tidak lebih dari 3 baris berturut-turut diberikan tanda-penghubung, pada tab Page Layout, di grup Page Setup, klik Hypenation. Pada daftar drop-down yang ditampilkan, klik Hypenation Options. Pilih check box Automatically Hyphenate Document. Dan masukkan angka 3 pada kotak teks Limit Consecutive Hyphens To.

Artikel terkait:
Advertisement