Cara Mengubah Dan Memodifikasi Template Word 2013

Advertisement
Ketika Anda menggunakan salah satu template standar di Word 2013, atau ketika Anda menerima template dari seseorang, Anda mungkin ingin mengubah beberapa style-nya. Anda juga bisa menambahkan teks, tabel, form, dan konten lainnya. Meskipun Anda bisa melakukan perubahan tersebut secara langsung pada tiap dokumen, akan lebih efisien jika Anda mengubah atau memodifikasi template sekali saja untuk satu jenis dokumen.

Jika Anda ingin memodifikasi template aslinya, gunakan perintah Save untuk menyimpan perubahannya pada file yang sama. Namun Anda bisa juga menggunakan perintah Save As untuk membuat file baru, sehingga template aslinya masih tetap dalam keadaan standarnya.

Cara membuka template untuk di edit:

  1. Klik File untuk menampilkan Backstage View, lalu klik tab Open.
  2. Klik Computer, lalu klik Browse.
  3. Pada kotak dialog Open, klik daftar drop-down file type, dan pilih Word Templates (*.dotx).
  4. Klik pada Address Bar, ketikkan %appdata%\Microsoft\Templates, lalu tekan tombol keyboard [ENTER].
  5. Klik template yang ingin Anda edit.
  6. Klik tombol Open.

Cara memodifikasi dan menyimpan template:

  1. Jika Anda berencana untuk menyimpan template hasil modifikasian menjadi file lain (tidak mengubah file aslinya), buat file baru terlebih dahulu sebelum Anda membuat perubahan, sehingga Anda tidak akan mengalami masalah ketidaksengajaan menyimpan perubahan ke file aslinya. Klik File, lalu klik tab Save As.
  2. Klik Computer, lalu klik Browse.
  3. Pada kotak dialog Save As, pastikan daftar drop-down Save As Type sudah benar Word Template (*.dotx). Jika template berisi Macros, pilih Word Macro-Enabled Template (*.dotm). Folder Custom Office Templates akan otomatis dipilih.
  4. Pada kotak teks File Name, masukkan nama file untuk template baru.
  5. Klik tombol Save.
  6. Ubah atau modifikasi dengan menambahkan teks, grafik, style, atau konten lain pada template baru. Selama Anda mengerjakannya, Anda harus membiasakan sering-sering klik icon Save pada Quick Access Toolbar atau tekan tombol keyboard [CTRL + S] untuk menyimpan tiap perubahan, meskipun kecil.
Tips & Trik:
  • Jika Anda sering membuka template untuk di edit, Anda bisa menghemat waktu dengan menambahkan folder User Templates ke Windows Library, sehingga akan muncul di daftar folder di sisi kiri kotak dialog Open dan Save As. Klik-kanan folder User Templates, klik Include In Library, lalu klik nama Library atau buat Library baru.
  • Jika Anda memilih check box Save Thumbnail, Anda bisa melihat preview konten template pada halaman New di Backstage View. Tapi kebanyakan template yang tidak memiliki konten teks, sehingga opsi ini tidak terlalu berguna.
  • Ketika kotak dialog Save As ditutup, pastikan bahwa Anda melihat nama file baru di Title Bar Word. Anda juga bisa memeriksa apakah path folder tersebut sudah benar dengan cara klik File, lalu klik Info. Nama file dan path ditampilkan dibawah judul halaman Backstage View.
  • Anda juga bisa membuat template dari dokumen baru atau dokumen yang sudah ada (bukan hanya mengubah template yang sudah ada lalu membuat yang baru).

Artikel terkait:
Advertisement