Mengatur Alignment Dan Indent Paragraf Word 2013

Pada dokumen Word 2013, Anda bisa meratakan tiap paragraf ke sisi kiri, kanan, rata di kedua sisi, atau di tengah-tengah. Selain itu, Anda juga bisa memasukkan keseluruhan paragraf pada satu sisi untuk membuatnya lebih menonjol dari teks di sekitarnya. Anda bisa memiliki baris pertama yang menjorok ke dalam daripada baris lainnya, atau sebaliknya, membuat baris pertama tetap pada sisi margin dan baris lainnya yang menjorok ke dalam (Hanging Indent).

Untuk mengatur dengan cepat satu atau beberapa paragraf, Anda bisa memindahkan tanda yang ada pada penggaris horizontal (Horizontal Ruler). Jika Anda ingin mengatur Indent lebih presisi, Anda bisa menggunakan pengaturan numerik pada kotak dialog Paragraph. Dan tentu saja, praktik terbaik untuk menjaga konsistensi dokumen Anda adalah dengan membuat atau memodifikasi Paragraph Style, sehingga bisa Anda gunakan sewaktu-waktu ketika membutuhkannya, tanpa harus mengatur ulang.

Cara mengatur Alignment dan Indent melalui Ribbon dan Ruler:

  1. Jika Horizontal Ruler belum ditampilkan, pada tab View, di grup Show, pilih check box Ruler.
  2. Pilih paragraf yang ingin Anda format.
  3. Pada tab Home, di grup Paragraph, klik salah satu tombol Alignment berikut ini, tergantung dengan keperluan Anda:
    • Align Left (shortcut [CTRL + L]): Meratakan teks ke sisi kiri Margin (atau Indent kiri jika Anda menggunakannya). Baris akhir di sebelah kanan tidak diratakan (Ragged Right).
    • Center (shortcut [CTRL + E]): Menengahkan teks diantara sisi kiri dan kanan Margin (atau antara Indent kiri dan kanan).
    • Align Right (shortcut [CTRL + R]): Meratakan teks ke sisi kanan Margin (atau Indent kanan). Sisi kiri teks tidak diratakan (Ragged Left).
    • Justify (shortcut [CTRL + J]): Meratakan teks di kedua sisi kiri dan kanan Margin atau Indent. Word akan otomatis mengatur jarak antar kata untuk menyesuaikan ruang.
  4. Untuk mengatur Indent kiri paragraf dengan kenaikan setengah inci (1.27cm), pada grup Paragraph, klik tombol Increase Indent atau Decrease Indent sesuai kebutuhan.
  5. Untuk mengatur Indent kiri atau kanan (atau keduanya) ke posisi/ukuran sembarang, drag/tarik tanda Margin disepanjang Horizontal Ruler.
  6. Untuk mengatur Indent baris pertama (First-Line Indent) atau Hanging Indent, drag/tarik satu atau dua bagian tanda margin kiri disepanjang Horizontal Ruler. Tanda bagian atas mengatur First-Line Indent, dan bagian bawah mengatur Hanging Indent.

Mengatur Alignment dan Indent melalui kotak dialog Paragraph:

  1. Pilih paragraf yang ingin Anda format.
  2. Pada tab Home, di grup Paragraph, klik icon tanda-panah-kecil yang ada di pojok-kanan-bawah untuk membuka kotak dialog.
  3. Pada kotak dialog Paragraph, di daftar drop-down Alignment, pilih Alignment yang Anda inginkan.
  4. Pada bagian Indentation, masukkan ukuran untuk Indent kiri dan kanan.
  5. Jika Anda ingin mengatur First-Line Indent atau Hanging Indent, pilih tipe Indent pada daftar drop-down Special dan atur ukurannya pada kotak By.
  6. Klik OK.
Tips & Trik:
  • Jika Anda menggunakan shortcut keyboard [CTRL + E] atau [CTRL + J] untuk mengubah Alignment paragraf, berhati-hatilah untuk tidak menekan tombol [SHIFT] pada waktu yang sama. Karena shortcut [CTRL + SHIFT + E] akan mengaktifkan fitur Track Changes, dan [CTRL + SHIFT + J] akan mengatur Alignment menjadi Distributed yang mirip dengan Alignment Justified, kecuali baris terakhir dari paragraf yang semuanya diratakan ke sisi kanan Margin, tidak peduli baris tersebut pendek (hanya beberapa teks saja).
  • Pada Word versi sebelumnya, Alignment Justify selalu melebarkan ruang diantara kata. Di Word 2013, lebar bisa ditambah atau dikurangi untuk menyempurnakan tampilannya. Memang hasilnya lebih bagus, tapi berhati-hatilah mungkin ada perubahan pada baris akhir dan Page Break pada dokumen lama yang Anda konvert ke format Word 2013.
  • Anda bisa mengatur sisi kiri paragraf ke sebelah kiri dari halaman margin, yang mungkin bermanfaat untuk penggunaan Heading. Untuk melakukannya, pada kotak dialog Paragraph, masukkan tanda minus (-) sebelum angka ukuran pada kotak Left Indent.

Artikel terkait:

Tutorial Lainnya:

About / Contact / Privacy / DMCA / © 2013-2014 PanduanPraktis.com