Cara Mengubah Ukuran Halaman Dan Margin Di Word 2013

Advertisement
Word 2013 menawarkan banyak ukuran dokumen standar. Daftar ukuran yang tersedia di word tergantung dengan ukuran yang didukung oleh printer Anda. Jika daftar yang disediakan oleh Word tidak ada yang cocok dengan dokumen Anda, Anda bisa bisa memakai ukuran kustom. Dan tentu saja, Anda harus memilih ukuran yang didukung oleh printer Anda.

Word juga memiliki preset Margin halaman. Tipe dokumen yang berbeda biasanya membutuhkan Margin yang berbeda. Surat bisa menggunakan Margin yang relatif lebar, sedangkan laporan mungkin memakai Margin yang kecil. Surat kabar, artikel majalah, atau buku mungkin di desain dengan Margin yang lebih besar di satu sisi untuk ruang penjilidan.

Cara memilih dan mengubah ukuran halaman:

  1. Jika Anda ingin mengubah ukuran sebagian halaman dokumen (yang berbeda dengan ukuran yang ada di keseluruhan dokumen), pilih sebagian halaman (teks) tersebut.
  2. Pada tab Layout, di grup Page Setup, klik Size.
  3. Jika ukuran yang Anda inginkan ada di galeri Page Size, dan jika Anda ingin mengaplikasikan ke seluruh dokumen, klik item tersebut. Jika Anda tidak menemukan ukuran yang Anda inginkan, atau jika Anda memilih teks pada langkah nomor 1, lanjutkan ke langkah nomor 4.
  4. Pada bagian bawah galeri, klik More Paper Sizes.
  5. Pada kotak dialog Page Setup, masukkan ukuran yang diinginkan pada kotak Width dan Height.
  6. Jika Anda memilih teks pada langkah nomor 1, klik daftar drop-down Apply To, lalu klik Selected Text. Ketika Anda memilih opsi ini, Section Break tipe Next Page akan dimasukkan secara otomatis sebelum dan sesudah teks yang dipilih.
  7. Jika printer Anda memiliki beberapa cara untuk menangani kertas, Anda bisa memilih opsi First Page dan Other Pages pada bagian Paper Source. Item pada daftar ini diambil dari driver printer, sehingga bisa berbeda-beda untuk tiap merek dan model printer.
  8. Klik OK.

Cara memilih dan mengubah Margin halaman:

  1. Jika Anda ingin mengubah ukuran sebagian halaman dokumen (yang berbeda dengan ukuran yang ada di keseluruhan dokumen), pilih sebagian halaman (teks) tersebut.
  2. Pada tab Page Layout, di grup Page Setup, klik Margins.
  3. Jika set ukuran Margin yang Anda inginkan ada pada Margins Gallery dan ingin menerapkannya pada keseluruhan dokumen, klik item tersebut. Jika Anda tidak menemukan ukuran yang cocok, atau jika Anda memilih teks pada langkah nomor 1, lanjutkan ke langkah nomor 4.
  4. Pada bagian bawah galeri, klik Custom Margins.
  5. Pada kotak dialog Page Setup, masukkan ukuran yang Anda inginkan pada kotak Top, Bottom, Left, dan Right.
  6. Jika dokumen Anda akan dicetak hanya pada satu sisi kertas lalu di jilid, Anda harus memasukkan lebar tambahan ke Margin kiri atau atas dengan memasukkan nilai pada kotak Gutter dan mengatur posisi pada daftar drop-down Gutter Position.
  7. Jika Anda memasukkan Margin kiri dan kanan yang berbeda pada langkah nomor 5, dan jika Anda berencana mencetak dokumen pada dua sisi kertas (Duplex Printing), klik kotak Multiple Pages lalu klik Mirror Margins.
  8. Jika Anda memilih teks pada langkah nomor 1, klik daftar drop-down Apply To lalu klik Selected Text. Ketika Anda memilih opsi ini, Section Break tipe Next Page akan dimasukkan secara otomatis sebelum dan sesudah teks yang dipilih.
  9. Klik OK.
Tips & Trik:
  • Section Break dibutuhkan untuk memisahkan halaman dokumen yang memiliki ukuran halaman atau Margin yang berbeda.
  • Ukuran yang ada pada galeri tergantung dengan driver printer. Tiap merk atau model bisa saja berbeda.
  • Jika ukuran lebar dan tinggi yang Anda masukkan berbeda hanya 0,01 inci (atau kurang) dari ukuran standar yang tersedia, kotak teks Paper Size akan menampilkan nama ukuran standar. Jika lebih dari itu, kotak Paper Size akan menampilkan Custom Size.
  • Word tidak bisa membuat halaman yang lebih besar dari 22 inci (558,7 mm), meskipun driver printer bisa melakukannya.
  • Jika Anda ingin semua dokumen kosong baru yang menggunakan template Normal.dotm dimulai dengan ukuran halaman yang telah Anda tentukan, klik Set As Default, lalu klik Yes untuk mengkonfirmasikannya.
  • Jika Anda ingin mengubah Margin di dalam satu halaman, pada tab Page Layout, di grup Page Setup, klik Breaks dan masukkan Section Break tipe Continuous secara manual sebelum Anda mengubah Margin.

Artikel terkait:
Advertisement