Cara Mengubah Format Dan Style Alamat Amplop (Envelope) Di Word 2013

Advertisement
Jika Anda ingin mengubah format alamat pada amplop yang akan Anda cetak hanya sekali saja, Anda bisa mengaplikasikan pemformatan karakter secara langsung. Jika Anda ingin mengubah format semua amplop yang akan digunakan di lain waktu, Anda akan menghemat waktu dan tenaga dengan mengubah style Envelope Address atau Envelope Return yang ada pada template Normal.dotm.

Cara memformat alamat pada amplop (Envelope) secara langsung:

  1. Buka dokumen yang Anda akan membuat amplop di dalamnya.
  2. Pada tab Mailings, di grup Create, klik Envelopes.
  3. Jika kotak teks Delivery Address pada kotak dialog Envelopes And Labels kosong, atau jika teks kurang lengkap atau salah, tambahkan atau edit teks tersebut.
  4. Pilih teks bagian dari alamat yang ingin Anda ubah formatnya.
  5. Klik-kanan pada teks yang telah Anda pilih, lalu klik Font pada menu yang ditampilkan.
  6. Pada kotak dialog Font, ubah huruf, ukuran, warna, atau format lainnya sesuai keperluan, lalu klik OK.
  7. Klik tombol Print.

Cara mengubah style Envelope Address:

  1. Pada tab Home, di grup Styles, klik icon tanda-panah-kecil yang ada di pojok-kanan-bawah untuk membuka kotak dialog. Atau tekan tombol keyboard [CTRL + ALT + SHIFT + S].
  2. Pada panel Styles, jika style Envelope Address dan Envelope Return sudah ada pada daftar, lanjutkan ke langkah nomor 4. Jika dua style tersebut tidak ada, klik link/tautan Options yang ada pada bagian bawah panel dan lanjutkan ke langkah nomor 3.
  3. Pada kotak dialog Styles Pane Options, klik kotak daftar Select Styles To Show, pilih All Styles, lalu klik OK.
  4. Pada panel Styles, klik-kanan pada nama style Envelope Address, lalu klik Modify pada menu yang ditampilkan.
  5. Pada kotak dialog Modify Style, klik opsi New Documents Based On This Template, pilih format huruf dan paragraf yang Anda inginkan untuk alamat pengiriman pada semua amplop.
  6. Definisi style Envelope Address menyertakan frame yang mengatur posisi teks pada halaman amplop. Jika frame terlalu kecil untuk menampung alamat, pada bagian bawah kotak dialog Modify Style, klik tombol Format, lalu klik Frame pada menu yang ditampilkan. Pada kotak dialog Frame, ubah kotak daftar Width dan Height dari Exactly menjadi Auto.
Tips & Trik:
Anda bisa mengulangi langkah nomor 4 dan 5 pada "Cara mengubah style Envelope Address" diatas untuk mengubah format style Envelope Return yang digunakan untuk semua amplop. Style Envelope Return tidak memiliki frame.

Artikel terkait:
Advertisement