Cara Membuat Dan Menggunakan Table Style Di Word 2013

Advertisement
Jika Anda menulis sebuah dokumen yang memiliki banyak tabel, sangatlah sulit untuk membuat formatnya seragam dengan cara manual. Karena itulah Table Style sangat dibutuhkan. Word 2013 telah menyediakan berbagai style yang bisa Anda pilih. Anda bisa mengubah style built-in-nya atau membuat sendiri dan menambahkannya ke galeri Table Style. Sehingga Anda bisa mengaplikasikan tampilan tabel yang sama di sepanjang dokumen Anda.

Huruf dan warna yang digunakan oleh Table Style built-in ditentukan oleh Theme yang dipakai oleh dokumen. Jika Anda mengubah memakai Theme lain, format semua tabel juga akan berubah. Ketika Anda membuat Table Style, sangat direkomendasikan untuk memilih Font dan Color yang telah disediakan oleh Theme.

Cara menggunakan Table Style built-in:

  1. Klik pada sebuah tabel.
  2. Pada tab Design dibawah Table Tools, di grup Table Style Options, pilih atau kosongkan check box opsi yang tersedia. Opsi tersebut akan berdampak pada tampilan style pada grup Table Styles.
  3. Pada grup Table Styles, klik gambar thumbnail. Gunakan tanda-panah Scroll di sisi kanan galeri untuk melihat lebih banyak thumbnail lainnya.

Cara membuat Table Style:

  1. Klik pada sebuah tabel.
  2. Pada sisi kanan galeri Table Styles, klik tanda-panah More.
  3. Klik opsi New Table Style untuk membuka kotak dialog Create New Style From Formatting.
  4. Masukkan nama untuk Table Style baru.
  5. Jika ada salah satu format Table Style built-in yang mendekati dengan format yang Anda inginkan, buka daftar drop-down Style Base On, lalu klik nama style tersebut. Jika tidak, pilih Table Normal.
  6. Dibawah Formatting, biarkan daftar drop-down Apply Formatting To di set ke Whole Table, dan atur format yang ingin Anda gunakan untuk keseluruhan tabel.
  7. Ubah daftar drop-down Apply Formatting To menjadi Header Row untuk mengatur format baris judul.
  8. Atur pemformatan untuk baris judul jika harus dibedakan dari bagian lain tabel.
  9. Jika diperlukan, ubah daftar drop-down Apply Formatting To ke bagian lain tabel dan atur formatnya sesuai keinginan Anda.
  10. Klik OK jika Anda telah selesai mengatur definisi style.

Artikel terkait:
Advertisement