Menjelajahi Ribbon Word 2013

Advertisement
Ribbon atau pita adalah sebuah petak yang luas dari tab dan berbagai tombol perintah yang berada di bagian atas jendela Word. Ketika Anda klik setiap tab, Ribbon akan menampilkan item di kategori tersebut. Beberapa tombol akan menjalankan perintah yang berlaku dengan segera saat Anda klik tombol tersebut, sedangkan yang lainnya akan membuka galeri item yang bisa Anda pilih.

Ketika Anda memilih objek tertentu yang ada di dalam dokumen, misalnya header, gambar, atau tabel, Ribbon akan menampilkan tab kontekstual yang berisi perintah-perintah yang spesifik terhadap tipe objek tersebut. Tab kontekstual ini akan tetap muncul selama objek masih dalam keadaan dipilih.

Mencari perintah-perintah yang umum:

  1. Klik tiap tab.
  2. Arahkan ke tiap tombol perintah yang ditampilkan oleh Ribbon dan baca namanya dan deskripsi singkat dari perintah tersebut di ToolTip yang muncul.
  3. Jika tombol perintah menunjukkan tanda panah segitiga mengarah kebawah, klik panah tersebut untuk menampilkan galeri yang terkait.

Cara menggunakan tab kontekstual:

  1. Klik tab Insert.
  2. Klik Header di grup Header dan Footer.
  3. Klik Edit Header di bagian bawah dari galeri.
  4. Jelajahi Header & Footer Tools > tab kontekstual Design, dimana tab ini muncul hanya ketika kursor berada di jendela header atau footer.

Cara menyembunyikan Ribbon:

  1. Di pojok kanan atas dari jendela Word, klik icon Ribbon Display Options.
  2. Klik item Auto-hide Ribbon.
  3. Jika Anda ingin menampilkan Ribbon untuk menggunakan hanya beberapa perintah, di pojok kanan atas, klik tiga tanda titik. Ketika Anda klik pada teks dokumen, Ribbon akan secara otomatis sembunyi lagi.
  4. Jika Anda ingin menampilkan keseluruhan Ribbon atau hanya menampilkan tab saja, klik icon Ribbon Display Options lagi dan klik opsi yang Anda inginkan.
Tips & Trik:
  • Untuk mendapatkan ruang yang lebih luas bagi dokumen, Anda bisa membuka Ribbon hanya berupa barisan tab saja. Klik dua kali tiap tab untuk me-minimize Ribbon. Lakukan hal yang sama untuk membukanya lagi. Klik sekali pada tab di Ribbon yang di-minimize untuk membuka tab tersebut. Ribbon akan secara otomatis minimize jika Anda klik tombol perintah.
  • Banyak galeri yang berakhir dengan satu atau lebih item menu yang harus Anda jelajahi dengan baik.

Artikel terkait:
Advertisement