Cara Membuat Dan Mendesain Template Untuk Dokumen Yang Dicetak Di Kedua Sisi Kertas (Bolak-Balik) Di Word 2013

Advertisement
Jika dokumen Anda yang menggunakan template kustom akan dicetak pada kedua sisi kertas (Duplex Printing) bolak-balik seperti sebuah buku, ada beberapa elemen desain yang perlu Anda pertimbangkan.

Pertama, Anda mungkin ingin Margin yang besar pada satu sisi halaman untuk ruang penjilidan atau untuk memberikan ruang untuk catatan kecil. Ketika dokumen dicetak di kedua sisi kertas, Margin yang lebih lebar dan sempit harus bertukar tempat pada halaman kertas depan dan belakang (halaman ganjil dan genap). Word 2013 akan melakukannya secara otomatis ketika Anda memilih opsi layout halaman Mirror Margins.

Pada dokumen yang dicetak di kedua sisi, biasanya menempatkan nomor halaman berlawanan dengan sisi penjilidan sehingga nomor halaman tersebut bisa dilihat tanpa harus membuka bolak-balik halaman secara penuh. Dan juga, nomor halaman genap (Even Page) dan ganjil (Odd Page) mungkin memiliki informasi yang berbeda pada halaman Header dan Footer-nya, misalnya nama penulis ada di halaman genap dan judul dokumen ada di halaman ganjil. Anda bisa mengatur Header dan Footer yang berbeda untuk halaman genap dan ganjil untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Cara mengaktifkan Mirror Margins:

  1. Pada tab Page Layout, di grup Page Setup, klik Margins, lalu klik Custom Margins pada bagian bawah galeri yang ditampilkan.
  2. Pada tab Margins di kotak dialog Page Setup, di daftar drop-down Multiple Pages, klik Mirror Margins.
  3. Masukkan ukuran yang berbeda untuk Margin Inside dan Outside, dan jika diperlukan, masukkan juga ukuran pada kotak Gutter.
  4. Klik OK.

Cara memasukkan Header dan Footer untuk halaman ganjil (Odd Page) dan genap (Even Page):

  1. Pada tab Home, di grup Paragraph, klik Show/Hide ¶ untuk menampilkan karakter nonprinting.
  2. Template Anda harus memiliki setidaknya dua halaman sehingga Anda bisa mengakses Header dan Footer halaman genap. Jika template Anda hanya satu halaman, klik pada akhir teks dan tekan tombol keyboard [CTRL + ENTER] untuk memasukkan Page Break secara manual.
  3. Klik-dua-kali pada area Header halaman pertama untuk membuka panel Header.
  4. Pada tab kontekstual: Header & Footer Tools | Design, di grup Options, pilih check box Different Odd & Even Pages.
  5. Masukkan Building Block, nomor halaman, properti dokumen, atau teks lainnya pada Odd Page Header, Odd Page Footer, atau keduanya. Letakkan nomor halaman pada Margin kanan.
  6. Pada tab kontekstual: Header & Footer Tools | Design, di grup Navigation, klik tombol Next untuk memindahkan kursor ke Even Page Header.
  7. Masukkan Building Block, nomor halaman, dan teks lainnya pada Even Page Header, Even Page Footer, atau keduanya. Letakkan nomor halaman pada Margin kiri.
  8. Jika sudah selesai mengedit Header dan Footer untuk halaman ganjil dan genap, pada tab kontekstual: Header & Footer Tools | Design, klik Close Header And Footer.
  9. Pilih Page Break di akhir halaman pertama dan tekan tombol keyboard [DELETE]. Simpan template.
Tips & Trik:
  • Inside merupakan sisi tempat penjilidan kertas, yang ada di sebelah kanan untuk halaman genap dan ada di kiri untuk halaman ganjil. Ukuran Gutter selalu ditambahkan kedalam Margin ketika Mirror Margin dipilih.
  • Meskipun Even Page Header dan Even Page Footer tidak tampak pada template satu halaman, mereka masih ada di dalam file. Jika Anda menggunakan template tersebut sebagai dasar pengerjaan dokumen dan menambahkan cukup teks untuk memulai halaman kedua, maka Header dan Footer tersebut akan ditampilkan.

Artikel terkait:
Advertisement