Cara Menambahkan Dan Mengubah Format Footnote Dan Endnote Di Word 2013

Advertisement
Footnote dan Endnote biasanya membawa informasi tambahan tentang pernyataan pada dokumen, atau mendeskripsikan sumber dari materi yang dibawa oleh dokumen tersebut. Anda biasanya melihat Footnote dan Endnote digunakan pada makalah ilmiah, laporan bisnis, dan buku nonfiksi yang membutuhkan informasi yang lebih lengkap dan menyeluruh.

Sebuah Footnote ditampilkan pada bagian bawah halaman, sedangkan Endnote diletakkan pada akhir dokumen atau akhir tiap bagian dokumen. Anda bisa memasukkan keduanya (Footnote dan Endnote) pada dokumen yang sama. Bahkan, Anda juga bisa mengubah semua Footnote menjadi Endnote, dan sebaliknya.

Setiap Footnote atau Endnote secara otomatis diberi nomor yang disebut Reference Mark, yang ditampilkan sebagai Superscript (huruf atau angka yang ditulis diatas). Nomor yang sama yang ditampilkan pada awal Footnote atau Endnote sebagai Identifier. Jika Anda memasukkan kedua jenis catatan ini ke dalam dokumen, Word 2013 akan membuat urutan nomor terpisah untuk Footnote dan Endnote. Reference Mark adalah Hyperlink ke lokasi catatan yang sesuai, dan nomor pada teks Footnote atau Endnote adalah Hyperlink ke Reference Mark yang sesuai.

Cara menambahkan Footnote atau Endnote:

  1. Klik pada teks dokumen dimana Anda ingin memasukkan Reference Mark untuk Footnote atau Endnote.
  2. Pada tab References, di grup Footnotes, klik Insert Footnote atau Insert Endnote. Word akan memasukkan nomor pada Footnote atau Endnote sebagai Reference Mark baru dan memasukkan nomor yang sama pada bagian bawah halaman atau dokumen. Kursor ditampilkan setelah nomor Footnote dan Endnote untuk memasukkan teks.
  3. Ketikkan teks yang Anda inginkan sebagai Footnote. Ketika Anda selesai mengetik, klik-dua-kali pada nomor catatan untuk kembali ke lokasi Reference Mark.

Cara mengubah format Footnote dan Endnote:

  1. Pada tab References, di grup Footnotes, klik tanda-panah-kecil di pojok-kanan-bawah untuk membuka kotak dialog.
  2. Pada kotak dialog Footnote And Endnote, di bagian Location, klik Footnotes atau Endnotes, tergantung dengan catatan tipe apa yang ingin Anda ubah. Untuk Footnote, pilih apakah memposisikan teks Footnote pada bagian bawah halaman atau langsung dibawah teks terakhir pada halaman. Untuk Endnote, pilih apakah pada akhir dokumen atau pada tiap akhir Section dokumen.
  3. Jika Anda memilih Footnotes pada langkah nomor 2, Anda bisa klik kotak Columns. Pada daftar drop-down yang ditampilkan, pilih apakah mengatur Footnote dengan jumlah kolom yang sama atau jumlah kolom yang spesifik, tergantung dengan layout Section.
  4. Klik kotak daftar Number Format untuk memilih nomor urut Arabic atau Roman, huruf, atau simbol. Atau alternatifnya, ketikkan simbol pada kotak teks Custom Mark, atau klik tombol Symbol untuk memilihnya. Pilihan ini akan menonaktifkan kotak daftar Number Format.
  5. Jika Anda ingin urutan dimulai dari nomor atau huruf yang berbeda dari default-nya, ubah nilainya pada kotak daftar Start At.
  6. Klik kotak daftar Numbering dan pilih apakah penomoran Footnote atau Endnote dilanjutkan di seluruh dokumen, atau dimulai ulang pada tiap halaman atau pada tiap Section.
  7. Jika dokumen berisi Section Breaks, Anda bisa klik kotak daftar Apply Changes To dan memilih apakah perubahan pada kotak dialog berpengaruh pada keseluruhan dokumen atau hanya Section yang terdapat kursor.
  8. Klik Insert.
Tips & Trik:
  • Footnote dan Endnote pada Draft, Outline, atau Web Layout View biasanya disembunyikan. Pada tab References, di grup Footnotes, klik Show Notes untuk membuka Footnote Pane atau Endnote Pane pada bagian bawah jendela.
  • Jika Anda memasukkan atau menghapus Footnote atau Endnote yang ada ditengah-tengah urutan, semua catatan berikutnya pada urutan akan otomatis dilakukan penomoran ulang.
  • Jika Anda ingin mengubah semua Footnote menjadi Endnote, atau sebaliknya, klik tombol Convert dan pilih perintah yang ingin Anda lakukan.
  • Jika Anda mengarahkan Footnote atau Endnote yang sama ke lebih dari satu lokasi, masukkan catatan pertama secara normal, selanjutnya masukkan satu atau lebih Cross-References ke Reference Mark pada lokasi lain, lalu aplikasikan Character Style Footnote Reference untuk tiap Cross-Reference. Cross-Reference harus diupdate secara manual jika tambahan atau penghapusan pada urutan menyebabkan nomor catatan berubah.

Artikel terkait:
Advertisement