Bekerja Dengan Template Normal Word 2013

Advertisement
Word 2013 menggunakan sebuah template (sebuah file yang disimpan dengan ekstensi .dotx atau .dotm) untuk berbagai tujuan. Beberapa template berfungsi hanya sebagai dasar untuk membuat dokumen baru. Template bisa berisi style, teks, Building Block, dan Macros. Template lainnya bisa berisi Macros dan tab Ribbon atau tombol pada Quick Access Toolbar yang telah dimodifikasi, tapi tidak membawa style untuk teks. Template yang disimpan di folder yang digunakan sebagai Startup Word, biasa disebut global karena akan dipakai tiap kali Anda membuka dokumen.

Template dengan nama Normal.dotm memiliki status spesial, karena merupakan template global dan juga dasar dari dokumen baru. Ketika Anda membuka Word dengan cara klik icon program (bukan klik icon dokumen), maka akan memulai dokumen baru dengan dasar Normal.dotm, juga akan memakai tiap modifikasian yang Anda simpan pada template tersebut sebelumnya. Ketika Anda klik New pada Backstage View lalu klik Blank Document, dokumen tersebut juga berasal dari Normal.dotm.

Template Normal.dotm harus disimpan di folder yang dibuat sebagai folder User Templates Anda. Jika Anda memindahkan file Normal.dotm ke folder lain atau mengubah namanya, maka itu tidak akan dikenali sebagai template spesial, dan Word akan membuat Normal.dotm baru di folder User Templates. Anda bisa mengambil keuntungan dari hal ini untuk memperbaiki masalah yang berkaitan dengan Normal.dotm, dengan cara memindahkan sementara atau mengganti nama file tersebut.

Perubahan yang ingin Anda simpan ke template Normal.dotm bisa dilakukan tanpa harus membuka file tersebut secara langsung. Contoh perubahan tersebut antara lain:
  • Ketika Anda memodifikasi style dokumen yang menggunakan Normal.dotm, Anda bisa memilih opsi New Documents Based On This Template untuk sekaligus memodifikasi style template tersebut.
  • Ketika Anda mengubah pengaturan pada kotak dialog Font, Paragraph, atau Page Setup, Anda bisa klik tombol Set As Default yang ada di bagian bawah kotak dialog.
  • Ketika Anda memilih Theme pada tab Design, Anda bisa klik Set As Default pada grup Document Formatting.

Mencari folder User Templates:

  1. Klik File untuk menampilkan Backstage View, lalu klik Options pada tab Options.
  2. Pada kotak dialog Word Options, klik tab Advanced, lalu pada sisi kanan kotak dialog, scroll/gulung ke bawah halaman, dan klik File Locations.
  3. Pada kotak dialog File Locations, klik item User Templates, lalu klik Modify.
  4. Pada kotak dialog Modify Location, baca path atau letak folder User Templates pada Address Box. Jika Anda ingin menyalin path tersebut ke File Explorer, klik path pada Address Box untuk memilihnya, lalu Copy dengan menekan tombol keyboard [CTRL + C].
  5. Klik Cancel untuk menghindari perubahan pada path. Klik Close pada kotak dialog File Locations, dan klik Cancel pada kotak dialog Options.
Tips & Trik:
  • Meskipun Anda bisa membuka dan mengedit template Normal.dotm seperti template lainnya, jangan menyertakan teks pada area dokumen utama atau pada Header dan Footer, karena teks tersebut akan ditampilkan pada semua dokumen baru, dan Anda harus menghapusnya jika tidak memerlukannya. Jika Anda menggunakan fitur Labels pada tab Mailings untuk membuat label atau Business Card, keberadaan Header dan Footer akan menyebabkan teks label dicetak pada lokasi yang salah.
  • Jika Macros sudah ada pada instalasi Office 2013 Anda, cara alternatif tercepat untuk mencari folder User Templates adalah dengan membuka Macro Editor, buka jendela Immediate, ketikkan perintah Print Options.DefaultFilePath (wdUserTemplatesPath, lalu tekan [ENTER].
  • Lokasi folder User Templates yang dibuat oleh Office 2013 adalah dibawah folder hidden AppData di dalam user profile Anda. Jika Anda mencoba untuk menavigasi ke lokasi tersebut melalui File Explorer, Anda tidak akan melihat folder tersebut sebelum mengubah folder options File Explorer untuk menampilkan hidden folder.
  • Saat pertama kali Anda memulai Word setelah menginstall Office 2013, Normal.dotm masih belum ada. Word menggunakan opsi default dan style built-in yang disimpan dalam kode program. Ketika Anda keluar dari Word, Anda mungkin diminta untuk menyimpan Normal.dotm. Jika Anda melakukan upgrade ke Office 2013 dari versi sebelumnya, modifikasian Normal.dotm yang lama akan tetap ada.

Artikel terkait:
Advertisement