Cara Menggunakan Word 2013 Versi Online (Word Web App)

Advertisement
Word Web App merupakan pendamping atau versi online dari Word 2013. Hanya dengan menggunakan web browser, Anda bisa membaca dan mengedit dokumen yang disimpan di SkyDrive atau pada server SharePoint. Yang Anda butuhkan hanya akun gratis Microsoft, dan bisa digunakan pada komputer desktop, komputer tablet, dan smartphone. Anda bisa menggunakan Word Web App pada semua komputer yang memiliki koneksi internet, dengan atau tanpa instalasi pada komputer.

Pada view Reading di Word Web App, Anda bisa memberi dan membalas komentar, mencari kata dan frasa, dan berbagi dokumen dengan orang lain dengan cara mengirimkan link/tautan. Anda juga bisa menyimpan dokumen sebagai file PDF, yang bisa Anda lihat dan cetak dari web browser.

Pada view Editing di Word Web App, Anda bisa menambahkan teks, gambar, tabel, dan hyperlink. Anda juga bisa mengubah format teks dan layout halaman.

Word Web App memiliki fitur yang lebih sedikit daripada program Word yang Anda install pada komputer. Pengeditan pada Word Web App cocok digunakan untuk melakukan pekerjaan ringan seperti mengoreksi dokumen, daripada membuat dokumen yang lebih rumit. Jika Anda ingin kemampuan yang lebih, Anda bisa membuka dokumen ke Word 2013 di komputer melalui Word Web App.

Cara membuka dan membuat dokumen di Word Web App:

  1. Gunakan web browser Anda untuk Log On ke SkyDrive atau server SharePoint, lalu akses ke folder yang sesuai. Jika Anda ingin membuat dokumen baru, langsung lanjutkan ke langkah nomor 4.
  2. Jika file dokumen yang ingin Anda edit tidak ada pada folder, upload file dari komputer. Jika file ada, lanjutkan ke langkah nomor 3. Pada SkyDrive klik Upload. Pada kotak dialog Choose File To Upload yang terbuka, pilih file yang ada di komputer Anda lalu klik Open.
  3. Klik nama file dokumen yang ingin Anda edit. Word Web App akan menampilkan dokumen pada view Reading.
  4. Jika Anda ingin membuat dokumen baru di SkyDrive, klik Create lalu klik Word Document.
  5. Pada kotak dialog New Microsoft Word Document, masukkan nama untuk file dokumen dan klik Create. Word Web App akan menampilkan dokumen baru pada view Editing.

Cara membaca dokumen di Word Web App:

  1. Jika dokumen di Word Web App ditampilkan pada view Editing, klik tab View, lalu pada grup Document Views klik Reading View. Reading View akan menampilkan dokumen sama seperti view Print Layout di Word 2013.
  2. Jika Anda ingin menambahkan komentar, klik tab Comments. Di panel Comments, klik New Comment dan ketikkan komentar Anda.
  3. Balloon yang ada pada Margin kanan mengindikasikan adanya komentar. Klik Balloon tersebut untuk melihat komentar.
  4. Untuk membalas komentar, klik icon Reply dan ketikkan komentar balasan Anda.
  5. Untuk mencari teks, klik tab Find. Di panel Find, masukkan kata atau frasa pada kotak pencarian. Klik icon kaca-pembesar atau tekan [ENTER]. Lalu, klik thumbnail untuk memindahkan view dokumen ke teks atau frasa yang telah ditemukan.
  6. Untuk berbagi dokumen dengan orang lain, klik tab Share. Anda bisa klik tombol Share With More People untuk mengirim email, mengirimkan link/tautan ke layanan jejaring sosial seperti Facebook atau LinkedIn, atau membuat link/tautan yang bisa Anda bagikan ke orang lain.

Cara mengedit dokumen di Word Web App:

  1. Jika dokumen di Word Web App ditampilkan pada view Reading, klik tab Edit Document, lalu klik Edit In Word Web App pada menu yang ditampilkan.
  2. Anda bisa menambah, menghapus, dan memformat teks di dalam dokumen. Selain itu, Anda juga bisa menerapkan style, tapi Anda tidak bisa mengubah style atau membuat style yang baru.
  3. Anda bisa memasukkan tabel, gambar dari komputer, Clip Art dari Office.com, atau hyperlink ke halaman situs (tidak bisa membuat hyperlink ke lokasi lain di dalam dokumen).

Cara beralih dari Word Web App ke Word 2013 di komputer:

  1. Klik File untuk menampilkan Backstage View.
  2. Jika dokumen dalam view Reading, klik tab Edit. Jika dokumen dalam view Editing, klik tab Info. Lalu klik Edit In Word.
  3. Jika ada pesan peringatan yang ditampilkan, tapi Anda tahu bahwa file tersebut aman, klik Yes. Word 2013 akan terbuka dan dokumen didownload dan ditampilkan.
Tips & Trik:
  • Jika Anda belum memiliki akun Microsoft, klik File untuk menampilkan Backstage View, klik tab Account, lalu klik Sign Up. Ikuti instruksinya untuk membuat akun secara gratis. Anda juga bisa mendapatkan akun Microsoft melalui web browser. Kunjungi skydrive.live.com dan klik link/tautan Sign Up Now.
  • Fungsi pencarian di Word Web App tidak menyertakan opsi Advanced Search.
  • View Editing tidak menampilkan Page Break. Untuk melihat dimana letak Page Break, berpindahlah ke view Reading.
  • Selain melalui halaman Edit di Backstage View, ada cara lain untuk beralih dari Word Web App ke Word 2013 di komputer. Pada view Reading, Anda bisa klik tab Edit Document dan klik Edit In Word. Pada view Editing, Anda bisa klik tab Open In Word.

Artikel terkait:
Advertisement