Cara Membuat Dan Mendesain Template Word 2013

Advertisement
Template itu seperti sebuah cetakan dasar, yang akan mengubah layout dan tampilan banyak dokumen menjadi sama. Semakin banyak usaha Anda membuat template (mengatur format, style, Header, Footer dan konten lainnya), semakin efisien dan konsisten pula Anda dalam mengerjakan dokumen.

Pikirkan tentang tujuan dokumen sebelum Anda membuat template, dan item apa saja yang harus ada pada dokumen tersebut. Berikut ini beberapa panduan dalam membuat template:
  • Dokumen yang memiliki tujuan yang berbeda seharusnya menggunakan template yang berbeda pula.
  • Elemen umum yang ada pada semua dokumen harus dimasukkan pada template tersebut.
  • Jika lokasi item tertentu pada halaman tidak boleh berubah, gunakan tabel atau kotak teks untuk memposisikan item tersebut.
  • Gunakan Border dan Shading pada beberapa style untuk memperjelas hubungan antar dokumen, atau untuk memperjelas informasi penting.

Cara membuat template baru:

  1. Klik tab File untuk menampilkan Backstage View, klik tab New, lalu klik Blank Document.
  2. Pada Quick Access Toolbar, klik icon Save. Klik Computer, lalu klik Browse.
  3. Pada kotak dialog Save As, ubah kotak Save As Type menjadi Word Template (*.dotx), yang akan membuat path ke folder Custom Office Templates secara otomatis. Masukkan nama file, lalu klik Save.
  4. Buka panel Header atau Footer dan masukkan Building Block Header atau Footer, teks, dan grafik yang semuanya harus diulang atau harus ada pada tiap halaman.
  5. Jika template dibuat untuk dasar dokumen seperti surat atau invoice, pada tab kontekstual: Header & Footer Tools | Design, di grup Options, pilih check box Different First Page, lalu letakkan logo atau informasi alamat pada Header halaman pertama.
  6. Pada tab kontekstual: Header & Footer Tools | Design, klik Close Header And Footer.
  7. Masukkan teks dan grafik yang dibutuhkan pada semua dokumen yang akan menggunakan template tersebut.
  8. Masukkan tabel untuk menetapkan posisi item pada halaman (posisi yang tidak boleh berubah ketika mengedit dokumen). Anda bisa memasukkan kontrol konten atau menggabungkan field ke dalam cell tabel.
Tips & Trik:
  • Jika Anda menyertakan field Date pada template, field tersebut akan selalu update ke tanggal saat itu, yaitu tanggal saat membuka dokumen yang menggunakan template tersebut. Jika Anda ingin tiap dokumen menampilkan informasi tanggal dibuatnya dokumen tersebut, masukkan field CreateDate ke dalam template, bukan field Date.
  • Jika Anda ingin menghilangkan semua garis Border tabel, klik tabel, dan tekan tombol keyboard [CTRL + ALT + U]. Untuk melihat dimana cell tabel berada, pada tab kontekstual: Table Tools | Layout, di grup Table, klik View Gridlines.

Artikel terkait:
Advertisement