Cara Mengubah Format Atau Style Daftar Isi (Table Of Contents) Di Word 2013

Advertisement
Meskipun daftar isi (Table Of Contents) di Word 2013 mengulang teks Heading yang ada pada dokumen, teks tersebut tidak menggunakan format style Heading. Teks tersebut menggunakan style yang bernama TOC 1 sampai TOC 9. Setiap pemformatan secara langsung (Direct Formatting) seperti bold atau italic yang diterapkan pada Heading akan diulang pada entri yang ada di daftar isi.

Style TOC default sangatlah sederhana, hanya style Normal dengan sedikit tambahan Indent kiri pada tiap level outline. Untuk tampilan yang lebih baik, Anda bisa memilih satu dari beberapa style built-in atau mengubah style sesuai keinginan Anda.

Cara mengubah format daftar isi (Table Of Content):

  1. Klik disebelah kiri karakter partama dari Table Of Contents.
  2. Pada tab References, di grup Table Of Contents, klik Table Of Contents. Klik Custom Table Of Contents yang ada di bagian bawah galeri yang ditampilkan.
  3. Pada kotak dialog Table Of Contents, klik kotak Formats dan pilih tiap item pada kotak daftar dan lihat preview untuk mencari satu yang sesuai. Tiap item sesuai dengan set definisi yang berbeda untuk style TOC 1 sampai TOC 9.
  4. Pada kotak daftar Tab Leader, pilih tipe garis Leader untuk menghubungkan entry teks pada daftar isi dengan nomor halaman. Default-nya tergantung dengan pengaturan pada kotak Formats.
  5. Pada kotak daftar Show Levels, masukkan angka untuk outline level yang ingin Anda tampilkan pada daftar isi. Nilai default-nya menampilkan Heading level 1 sampai 3.
  6. Klik OK.
  7. Jika tidak ada style built-in yang sesuai, Anda bisa memodifikasi style TOC secara langsung. Pada tab Home, di grup Styles, klik icon tanda-panah-kecil di pojok-kanan-bawah untuk membuka Styles Pane.
  8. Jika style TOC 1 sampai 9 tidak ditampilkan pada Styles Pane, klik link/tautan Options pada bagian bawah panel, lalu pada kotak dialog Style Pane Options, klik kotak Select Styles To Show, pilih All Styles dan klik OK.
  9. Klik-kanan tiap style TOC yang membutuhkan penyesuaian dan klik Modify. Ubah definisi dari style (Anda bisa membaca tutorialnya disini: Membuat Dan Memodifikasi Style).

Artikel terkait:
Advertisement