Cara Mengatur Style Di Word 2013

Advertisement
Anda bisa mengkonfigurasi panel Styles dan galeri Quick Style di Word 2013 untuk menampilkan hanya style yang Anda perlukan, dalam urutan yang Anda tentukan. Kotak dialog Manage Styles berisi tool yang Anda perlukan untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Untuk masing-masing style, Anda bisa menentukan apakah namanya ditampilkan pada panel Styles atau disembunyikan ketika panel Style menampilkan style yang direkomendasikan. Dan juga, Anda bisa menentukan angka prioritas yang menentukan urutan style. Angka prioritas tersebut juga menentukan urutan style yang ditampilkan pada galeri Quick Style.

Cara mengatur style dalam urutan yang direkomendasikan:

  1. Pada tab Home, di grup Styles, klik icon tanda-panah-kecil yang ada di pojok-kanan-bawah untuk membuka panel Styles.
  2. Pada bagian bawah panel Styles, klik tombol Manage Styles.
  3. Pada kotak dialog Manage Styles, klik tab Recommend.
  4. Klik kotak daftar Sort Order dan pilih urutan style yang Anda inginkan. Jika Anda ingin kotak daftar hanya berisi style yang direkomendasikan saja, pilih check box Show Recommended Styles Only.
  5. Klik nama style pada kotak daftar atau tahan tombol keyboard [CTRL] sambil klik beberapa nama. Cara alternatifnya, klik Select All atau Select Built-In.
  6. Klik Move Up untuk menaikkan prioritas style (angkanya turun), atau klik Move Down untuk menurunkan prioritas style (angkanya naik). Cara alternatifnya, Anda bisa klik Make Last untuk memasukkan angka prioritas terakhir ke style yang dipilih, atau klik Assign Value dan masukkan angka prioritas yang Anda inginkan.
  7. Klik salah satu berikut ini untuk mengubah style mana yang ditampilkan pada panel Styles ketika panel tersebut dikonfigurasikan untuk menampilkan style yang direkomendasikan:
    • Show: selalu menampilkan style.
    • Hide Until Used: menampilkan style hanya ketika style tersebut diterapkan pada teks di dalam dokumen.
    • Hide: tidak menampilkan style.
  8. Untuk menyimpan perubahan yang Anda lakukan pada template yang digunakan dokumen saat itu, klik opsi New Documents Based On This Template.
  9. Klik OK.
Tips & Trik:
  • Pengaturan Sort Order dan Show Recommended Styles Only tidak mempengaruhi bagaimana style ditampilkan pada panel Styles. Untuk mengubah tampilan pada panel Styles, klik link/tautan Options yang ada pada bagian bawah panel dan ubah pengaturan pada kotak dialog Style Pane Options.
  • Tab Restrict yang ada pada kotak dialog Manage Styles berfungsi sama dengan bagian Formatting Restrictions pada panel Restrict Editing.
  • Pada panel Styles, klik-kanan pada nama style. Jika style ditampilkan di galeri Quick Style pada tab Home, menu shortcut yang ada pada panel Styles menyertakan perintah Remove From Style Gallery. Jika style tidak ada pada galeri Quick Style, menu shortcut menyertakan perintah Add To Style Gallery.

Artikel terkait:
Advertisement