Cara Mengoreksi Kesalahan Ejaan (Spelling) Atau Tata Bahasa (Grammar) Di Word 2013

Advertisement
Spelling Checker di Word 2013 bisa mendeteksi kesalahan penulisan dengan cara membandingkan dengan kamus. Selain dengan kamus utama, Anda bisa menentukan Word untuk menggunakan satu atau lebih kamus kustom yang bisa Anda tambahkan sendiri kata kedalamnya. Grammar Checker bisa memeriksa teks Anda berdasarkan aturan tata bahasa yang benar yang bisa memandu Anda untuk meningkatkan kualitas penulisan.

Ketika Word tidak menemukan kesalahan dengan menggunakan kamus bawaannya atau kamus kustom Anda, Word akan menandainya dengan garis berah bergelombang. Jika kata sudah benar ejaannya tapi tidak dikenali oleh Word (dianggap salah), Anda bisa menambahkannya ke dalam kamus kustom Anda, sehingga tidak ditandai lagi oleh Word sebagai kata yang salah.

Word juga mencoba mengidentifikasi kata yang sudah dieja dengan benar tapi tidak sesuai dengan konteks yang digunakannya. Kesalahan kontekstual ini ditandai dengan garis biru bergelombang.

Grammar Checker juga menggunakan garis biru bergelombang untuk menandai teks yang melanggar aturan tata bahasa tertentu, seperti kalimat yang tidak lengkap, huruf besar, dan tanda baca. Anda juga bisa memilih agar Grammar Checker memeriksa pada kalimat pasif dan kalimat yang sangat panjang.

Cara memilih koreksi yang disarankan:

  1. Klik kanan pada kata yang ditandai dengan garis merah atau biru bergelombang. Akan muncul menu shortcut, dimana Anda bisa mencari solusi untuk masalah tersebut.
  2. Jika ada satu atau lebih sugesti muncul pada menu shortcut bagian atas, klik satu yang bisa memperbaiki kesalahan, atau lakukan koreksi teks secara manual.
  3. Jika item pada menu shortcut bagian atas No Spelling Suggestions atau aturan grammar menyatakan Consider Revising, lakukan koreksi teks secara manual.

Cara menambahkan sebuah kata ke dalam kamus kustom:

  1. Klik kanan pada sebuah kata yang ditandai dengan garis merah atau biru bergelombang.
  2. Pada menu shortcut yang ditampilkan, klik Add To Dictionary.
Tips & Trik:
  • Word versi sebelumnya menandai kesalahan grammar/tata bahasa dengan garis hijau bergelombang. Sedangkan di Word 2013 ditandai dengan garis biru bergelombang.
  • Kegunaan lain dari garis biru bergelombang adalah untuk menandai penggunaan format yang tidak konsisten, yang biasanya terjadi ketika Anda mengaplikasikan pemformatan langsung yang sesuai dengan style yang tersedia. Misalnya, jika Anda mengaplikasikan pemformatan teks Italic secara langsung, Word akan menyarankan Anda untuk menggunakan style Emphasis.
  • Anda bisa menggunakan beberapa kamus kustom secara simultan sehingga Spelling Checker bisa memakainya. Namun, Anda hanya bisa menggunakan satu kamus sebagai kamus kustom default-nya untuk bahasa tertentu. Ketika Anda klik Add To Dictionary, kata yang terpilih akan masuk ke kamus kustom default untuk bahasa tersebut.
  • Seperti kebanyakan program komputer lainnya yang berhubungan dengan bahasa, Grammar Checker Word bisa salah menafsirkan teks Anda. Anda harus menggunakan penilaian Anda sendiri ketika malakukan review pada tulisan Anda.

Artikel terkait:
Advertisement