Cara Mengutip Teks Dari Dokumen Untuk Header Atau Footer Word 2013

Advertisement
Anda tidak selalu harus memulai Section baru untuk membuat Header atau Footer menampilkan informasi yang berbeda dari satu halaman dengan halaman lainnya. Anda bisa menampilkan teks baru yang telah diformat dengan style yang spesifik (seperti Style Heading) di dalam area dokumen utama. Itulah fungsi dari field StyleRef.

Misalnya, Anda mungkin menulis laporan dimana tiap babnya dimulai dengan judul, diformat dengan Style Heading 1. Anda bisa menempatkan field pada Header dokumen, menggunakan kode { StyleRef "Heading 1" }. Pada tiap halaman, yang kemudian field tersebut akan mengulangi judul dari bab tersebut.

Keberhasilan dalam penggunaan field StyleRef tergantung dengan penerapan Style yang spesifik hanya pada teks yang ingin Anda ulangi pada Header. Jika Anda menggunakan style built-in untuk beberapa jenis informasi, buatlah style baru yang khusus digunakan untuk field StyleRef. Style kustom Anda tersebut bahkan bisa memiliki format yang sama seperti style built-in, hanya namanya saja yang harus unik dan berbeda.

Anda mungkin ingin mengulang hanya sebagian paragraf saja. Untuk tujuan tersebut, Anda harus menggunakan Character Style, bukan Paragraph Style atau Linked Style. Meskipun Linked Style bisa diterapkan hanya pada sebagian paragraf, field StyleRef tidak akan mengenalinya sebagai teks.

Cara membuat dan menerapkan style kustom:

  1. Pilih teks pertama pada dokumen yang ingin Anda ulangi di Header atau Footer. Aplikasikan pemformatan karakter yang Anda inginkan pada teks tersebut.
  2. Pada tab Home, di grup Styles, klik tombol More. Klik Create A Style pada bagian bawah galeri yang ditampilkan.
  3. Pada kotak dialog Create New Style From Formatting, di kotak teks Name, ketikkan nama yang unik untuk style kustom baru yang akan dibuat. Sebaiknya buat nama yang mendeskripsikan tujuan dari style.
  4. Secara default, perintah Create A Style akan membuat sebuah Linked Style. Jika Anda menginginkan untuk mengaplikasikan style kustom hanya ke paragraf lengkap, klik OK dan lanjutkan ke langkah nomor 6. Jika tidak, klik tombol Modify dan lanjutkan ke langkah nomor 5.
  5. Klik kotak Style Type dan klik Character pada daftar drop-down. Jika Anda ingin style disimpan pada template yang digunakan untuk dokumen lain, klik opsi New Documents Based On This Template lalu klik OK.
  6. Pilih tiap teks pada dokumen yang akan digunakan pada Header dan aplikasikan style kustom untuk seleksi tersebut.

Cara memasukkan field StyleRef:

  1. Klik-dua-kali pada area Header untuk membukanya dan posisikan kursor pada tempat dimana Anda ingin mengutip teks untuk ditampilkan.
  2. Pada tab kontekstual Header & Footer Tools | Design, di grup Insert, klik Quick Parts. Klik Field pada daftar drop-down yang ditampilkan.
  3. Pada kotak dialog Field, di kotak daftar Field Names, klik StyleRef.
  4. Klik nama style kustom Anda pada kotak daftar Style Name.
  5. Klik OK.
  6. Format hasil dari field StyleRef dengan menggunakan sebuah style atau pemformatan secara langsung.
  7. Klik-dua-kali pada area dokumen utama untuk menutup area Header.
Tips & Trik:
  • Anda bisa mengubah tipe style hanya ketika proses pembuatan style. Jika Anda ingin membuat Character Style setelah Linked Style tercipta, Anda harus menghapus Linked Style tersebut terlebih dahulu, lalu kemudian membuat Character Style baru dengan nama yang sama.
  • Hasil dari field StyleRef tidak akan mengulang semua pemformatan teks pada dokumen, sehingga Anda harus mengaplikasikan pada field tersebut pemformatan yang Anda inginkan pada Header. Satu-satunya jenis pemformatan teks yang berpengaruh pada hasil field StyleRef adalah atribut teks Hidden, yang berarti disembunyikan, tidak akan ditampilkan pada hasil field.

Artikel terkait:
Advertisement