Cara Menyelesaikan Proses Mail Merge Di Word 2013

Advertisement
Ketika dokumen utama sudah berisi semua field Merge, field lainnya, teks, dan gambar yang diperlukan untuk output, sudah waktunya untuk melakukan langkah terakhir. Karena panjangnya langkah-langkah dan rumitnya pembuatan, pertama Anda harus mengamati preview untuk meyakinkan bahwa semuanya sudah benar. Ketika Anda sudah yakin dengan kebenaran dokumen tersebut, Anda bisa melakukan proses Merge yang terakhir.

Cara Merge ke output tertentu:

  1. Pada tab Mailings, di grup Preview Results, klik Preview Results. Jika Anda memilih Merge Label, preview akan menampilkan halaman label. Untuk jenis Merge lainnya, preview akan menampilkan output hanya satu Recipient dalam satu waktu. Anda bisa menggunakan tombol panah yang ada pada grup Preview Result untuk menampilkan preview output sisanya. Jika ada informasi yang tidak diinginkan ditampilkan pada preview atau ada informasi yang hilang, klik Preview Results untuk menonaktifkannya. Lalu, edit dokumen utama atau record pada sumber data untuk mengoreksi kesalahan tersebut dan ulangi preview.
  2. Pada tab Mailings, di grup Finish, klik Finish & Merge, lalu pada daftar yang ditampilkan klik salah satu dari berikut ini:
    • Edit Individual Documents: melakukan Merge data dari sumber data ke dalam field Merge untuk membuat dokumen baru. Anda bisa mengedit dokumen ini, menyimpannya untuk digunakan di lain waktu, atau mencetaknya.
    • Print Documents: melakukan Merge data dari sumber data ke dalam field Merge dan mengirim hasilnya ke printer. Kotak dialog Print akan ditampilkan sehingga Anda bisa mengatur printer, jumlah salinan, dan opsi lainnya. Klik OK untuk mencetak.
    • Send Email Messages: melakukan Merge data dari sumber data ke dalam field Merge dan mengirimkan hasilnya ke program email default. Kotak dialog Merge To Email akan ditampilkan sehingga Anda bisa memasukkan subjek dan memilih field Merge yang berisi alamat email. Klik OK untuk mengirim email.
  3. Ketika proses Merge berjalan dengan lancar, simpan dokumen sehingga bisa digunakan lagi di lain waktu.
Tips & Trik:
Jika Anda melihat preview Merge Label tapi hanya melihat label Recipient yang pertama saja, berarti Anda melewati langkah klik tombol Update Labels. Lihat pada tutorial: Menambahkan Field Merge pada bagian "Cara memasukkan field Merge ke dalam dokumen" di langkah nomor 4.

Artikel terkait:
Advertisement