Cara Membuat Daftar Isi (Table Of Contents) Di Word 2013

Advertisement
Table Of Contents atau daftar isi adalah elemen yang terpenting bagi pembaca untuk mencari informasi di dalam dokumen Anda. Word 2013 bisa dengan mudah membuat daftar tersebut lengkap dengan nomor halamannya. Entry dalam daftar tersebut merupakan Hyperlink ke Heading. Ini artinya jika dokumen dibuka pada program Word, maka akan mudah untuk menuju secara langsung ke topik yang telah ditentukan.

Sebelum Anda memasukkan Table of Contents, sangatlah disarankan untuk memeriksa Heading pada dokumen Anda untuk meyakinkan bahwa semua paragraf telah memiliki Heading Style yang benar. Navigation Pane merupakan tool yang bagus untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Table Of Contents biasanya berisi teks yang sudah diformat dengan menggunakan Heading Style built-in. Meskipun demikian, Word memberikan Anda pilihan untuk menambahkan teks tambahan yang akan ditampilkan hanya pada Table Of Contents tersebut, tapi tidak pada dokumen utama. Anda bisa memasukkan teks ini pada field TC. Misalnya, jika tiap judul bab hanya berisi nomor bab (1, 2, 3, dan seterusnya), daftar isi akan sangat membingungkan karena hanya berupa angka 1, 2, 3, dan seterusnya. Untuk membuat daftar isi lebih mudah dipahami, Anda bisa memasukkan teks seperti "BAB 1" pada field TC, yang kemudian Anda bisa menggunakannya untuk disertakan kedalam daftar isi.

Cara memeriksa Heading:

  1. Buka dokumen yang berisi teks dan Heading dengan menggunakan berbagai Heading Style built-in.
  2. Pada tab View, di grup Show, pilih check box Navigation Pane (jika dalam keadaan belum terpilih).
    Gambar: cara membuat table of content
  3. Dibagian atas Navigation Pane, pastikan tab Headings dalam keadaan terpilih. Lalu, verifikasikan bahwa Navigation Pane menampilkan semua Heading yang ingin Anda tampilkan pada Table Of Contents, apakah susunannya sudah benar, dan Navigation Pane tidak menampilkan teks yang seharusnya tidak ada.
  4. Jika Anda ingin memasukkan paragraf yang tidak ditampilkan di Navigation Pane, atau Heading Style-nya salah, klik pada paragraf tersebut, dan aplikasikan Heading Style yang benar. Jika Anda tidak ingin paragraf yang ditampilkan pada Navigation Pane untuk dimasukkan dalam Table Of Content, aplikasikan style yang tidak disertakan dalam Table Of Contents (misalnya, Normal atau Body Text).

Cara memasukkan Table Of Contents:

  1. Klik pada lokasi dimana Anda ingin Table Of Content dimulai.
  2. Pada tab References, di grup Table Of Contents, klik Table Of Contents.
  3. Pada galeri Table Of Contents yang ditampilkan, klik Automatic Table 1 atau Automatic Table 2. Building Block ini akan memasukkan daftar isi di dalam Content Control yang bisa diupdate atau diganti. Dua tabel otomatis ini adalah sama kecuali kata-kata dari judul diatas tabel. Sedangkan Building Block Manual Table tidak menggunakan teks dari dokumen utama dan tidak bisa update secara otomatis, sehingga hanya cocok untuk dokumen yang tidak memiliki paragraf Heading.

Cara menggunakan field TC untuk Table Of Contents:

  1. Klik pada dokumen Anda lokasi yang sesuai dengan posisi yang diinginkan dari entry baru dalam Table Of Contents.
  2. Pada tab Insert, di grup Text, klik Quick Parts. klik Field pada daftar drop-down yang ditampilkan.
  3. Pada bagian Please Choose A Field, di kotak daftar Field Names, klik TC.
  4. Pada kotak teks Text Entry, ketikkan teks yang ingin Anda masukkan pada Table Of Contents.
  5. Pada bagian Field Options, klik pada kotak teks disebelah kanan Outline Level dan masukkan angka level outline (mirip dengan nomor Heading Style built-in).
  6. Klik OK. Ulangi langkah nomor 1 sampai 6 untuk tiap entry yang ingin Anda masukkan ke dalam Table Of Contents.
  7. Klik di sebelah kiri karakter pertama Table Of Contents.
  8. Pada tab References, di grup Table Of Contents, klik Table Of Contents. Klik Custom Table Of Contents di dekat bagian bawah galeri yang ditampilkan.
  9. Pada kotak dialog Table Of Contents, klik tombol Options.
  10. Pada kotak dialog Table Of Contents Options, pilih check box Table Entry Fields dan klik OK. Opsi Table Entry Fields akan mengkonfigurasi daftar isi untuk menyertakan teks dari field TC yang ada pada dokumen.
  11. Klik OK pada kotak dialog Table Of Contents.
  12. Klik Yes pada kotak pop-up pesan Do You Want To Replace The Selected Table Of Contents?.
Tips & Trik:
  • Pada tab References, di grup Table Of Contents, jika Anda klik tombol Add Text, maka akan membuka galeri yang berisi entry Do Not Show In Table Of Contents, Level 1, Level 2, dan Level 3. Perintah ini akan bertindak berbeda tergantung dengan style yang digunakan pada saat itu. Jika style-nya adalah Normal atau salah satu dari 9 Heading Style built-in, maka perintah Level 1, Level 2, dan Level 3 akan mengaplikasikan Heading 1, Heading 2, and Heading 3. Dan perintah Do Not Show In Table Of Contents akan menerapkan style Normal. Jika style yang digunakan pada saat itu bukan Normal atau bukan salah satu dari 9 Heading Style built-in, perintah tersebut akan mengubah level outline paragraf saja tanpa mengubah style paragrafnya. Perilaku ini bisa membingungkan, sehingga Anda harus menghindari menggunakan tombol Add Text.
  • Perintah Custom Table Of Contents yang ada di bagian bawah galeri Table Of Contents akan memasukkan tabel jenis yang sama seperti Building Block Automatic, tapi tidak menyertakan Content Control atau judul diatas tabel.
  • Tiap field TC akan otomatis diformat sebagai teks Hidden (tersembunyi). Jika Anda ingin mengedit teks yang ada pada field TC, pada tab Home, di grup Paragraph, klik tombol Show/Hide ¶ untuk menampilkan teks yang tersembunyi dan semua karakter Nonprinting.

Artikel terkait:
Advertisement