Cara Menambahkan Publisher Dan Lokasi Yang Dipercaya (Trusted Location) Di Word 2013

Advertisement
Beberapa dokumen dan template mungkin memiliki konten aktif (Macro, ActiveX Control, koneksi data, dan lainnya). Meskipun sangat bermanfaat, konten tersebut juga bisa digunakan untuk program jahat. Ketika Anda membuka dokumen yang memiliki konten aktif atau memulai dokumen baru menggunakan template yang memiliki konten aktif, Word secara default akan menonaktifkan konten aktif dan memperingatkan Anda pada message bar.

Jika Anda mengetahui sumber konten aktif dan mempercayai keamanannya, Anda bisa menghindari ketidaknyamanan ini. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menyimpan file ke folder yang didesain sebagai lokasi-yang-dipercaya. Setiap file yang Anda letakkan pada lokasi-yang-dipercaya bisa dibuka tanpa harus diperiksa oleh fitur sekuriti Trust Center.

Cara lain untuk menghindari dinonaktifkannya konten aktif adalah dengan membuat sumber tertentu sebagai publisher-yang-dipercaya. Ketika software developer membuat Macro, ActiveX Control, atau konten aktif lainnya, developer bisa menerapkan digital signature ke dalam kode. Signature tersebut berisi informasi tentang identitas developer, sertifikat otoritas (biasanya perusahaan seperti VeriSign Inc) yang mengeluarkan sertifikat yang digunakan untuk membuat digital signature dan tanggal kadaluarsanya. Jika signature-nya valid, Anda bisa membuat developer tersebut sebagai publisher-yang-dipercayai, dan semua konten aktif yang ditandai dengan sertifikat yang sama akan tersedia dan bisa digunakan.

Cara mempercayai lokasi file:

  1. Buka Trust Center (baca pada tutorial: Melihat Pengaturan Trust Center, tepatnya pada langkah-langkah: "Cara membuka halaman pengaturan Trust Center", jika Anda belum mengetahui caranya).
  2. Pada kotak dialog Trust Center, di panel kiri, klik tab Trusted Locations.
  3. Jika Anda berencana untuk mempercayai lokasi pada drive jaringan, pilih check box Allow Trusted Locations On My Network.
  4. Klik tombol Add New Location.
  5. Pada kotak dialog Microsoft Office Trusted Location, klik pada kotak Path dan ketikan alamat penuh folder, atau klik tombol Browse, cari lokasi folder, lalu klik OK.
  6. Jika Anda ingin mempercayai semua subfolder pada lokasi tersebut, pilih check box Subfolders Of This Location Are Also Trusted. Jika diperlukan, masukkan deskripsi yang akan ditampilkan pada kotak dialog Trusted Locations.
  7. Klik OK pada tiap kotak dialog.

Cara mempercayai publisher:

  1. Buka dokumen yang konten aktif dari publisher-nya telah dinonaktifkan.
  2. Klik tab File untuk menampilkan Backstage View.
  3. Pada tab Info di Backstage View, klik tombol Enable Content.
  4. Klik Advanced Options pada menu yang ditampilkan.
  5. Pada kotak dialog Microsoft Office Security Options, klik opsi Trust All Documents From This Publisher, lalu klik OK.
Tips & Trik:
  • Direkomendasikan agar Anda tidak mempercayai lokasi jaringan, terutama folder publik, karena risiko keamanan yang ada padanya.
  • Jika tombol opsi Trust All Documents From This Publisher tidak ada, sertifikat publisher mungkin tidak valid atau digital signature mungkin hilang.

Artikel terkait:
Advertisement