Cara Membuat Tab Atau Grup Kustom Baru Di Ribbon Word 2013

Advertisement
Saat Anda bekerja di Word 2013, Anda mungkin merasakan bahwa tata letak tool atau perintah-perintah yang ada Ribbon tidak sesuai dengan selera atau kebiasaan Anda. Daripada Anda terpaksa harus membiasakan diri, Anda bisa mengubah Ribbon tersebut. Anda bisa menambahkan grup baru ke dalam tab yang sudah ada, Anda bisa membuat tab baru, hanya dengan beberapa klik saja.

Anda tidak bisa menambahkan atau menghapus tool yang ada pada grup built-in. Namun, Anda bisa menambahkan grup kustom baru ke dalam tab yang sudah ada, dan meletakkan tool pilihan Anda kedalam grup tersebut.

Cara membuat tab kustom baru:

  1. Klik-kanan di sembarang tempat pada Ribbon, lalu klik Customize The Ribbon pada menu shortcut yang ditampilkan.
  2. Pada kotak dialog Word Options, klik New Tab untuk memasukkan tab kustom baru ke dalam kotak daftar di sebelah kanan. Tab kustom baru secara otomatis berisi satu grup kustom baru.
  3. Untuk mengubah urutan tab, pada kotak daftar di sebelah kanan, klik nama tab, lalu klik tanda-panah-keatas atau tanda-panah-kebawah untuk memindahkan tab di dalam daftar.
  4. Klik OK.
  5. Klik tab baru yang ada dalam daftar, klik tombol Rename, lalu pada kotak dialog Rename, masukkan nama tab yang Anda inginkan dan klik OK. Selanjutnya, klik grup baru yang ada dalam daftar, klik tombol Rename, lalu pada kotak dialog Rename, masukkan nama grup yang Anda inginkan dan klik OK.

Cara memasukkan grup kustom:

  1. Klik-kanan di sembarang tempat pada Ribbon, lalu klik Customize The Ribbon pada menu shortcut yang ditampilkan.
  2. Pada kotak dialog Word Options, di dalam kotak daftar sebelah kanan, klik nama tab yang ingin Anda tambahkan grup kustom.
  3. Di bagian bawah kotak dialog, klik tombol New Group.
  4. Kembali ke kotak daftar, klik grup baru, klik tombol Rename, lalu pada kotak dialog Rename, masukkan nama grup yang Anda inginkan.
Tips & Trik:
  • Jika di dalam daftar Anda memindahkan tab diatas tab Home, maka tab tersebut akan dipilih tiap kali Anda memulai program Word.
  • Anda bisa menyembunyikan tab, baik built-in maupun kustom, dengan cara mengosongkan check box disebelah namanya pada halaman Customize Ribbon di kotak dialog Word Options.
  • Klik kotak daftar Choose Commands From dan pilih All Tabs. Klik tanda-plus disebelah nama tab di dalam kotak daftar sebelah kiri dan klik nama grup built-in. Lalu, klik Add untuk menyalin grup ke tab yang dipilih di kotak daftar sebelah kanan.
  • Anda bisa menambahkan grup kustom ke tab built-in maupun kustom.

Artikel terkait:
Advertisement